Ini Mesin Motor V-Twin Karya ‘Insinyur Purwokerto’

Ini Mesin Motor V-Twin Karya ‘Insinyur Purwokerto’

JAKARTA (DP) – Ide liar sang ‘Insinyur Purwokerto’ terus berlanjut, pria bernama Muhammad Yusuf Adib Mustofa dari Psycho Engine Purwokerto, telah menciptakan karya original berupa mesin motor dua silinder V-twin.

“Kalau dulu saya mengubah konfigurasi atau otak-atik mesin merek lain yang buatan orang lain juga, sekarang saya bisa bikin mesin sendiri, mesin dari hasil kerja keras saya selama ini,” ungkap sang ‘Insinyur’.

Hampir semua komponen, lanjut Yusuf, merupakan buatan sendiri, mulai dari crankcase yang dibuat dari campuran limbah yang dilebur. “Bahan crankcase-nya macam-macam dari tromol, dari mesin yang dilebur lalu di-molding lagi dibentuk crankcase baru,” tambahnya.

Sementara, blok silinder dan silinder head dari copotan mesin Bajaj Pulsar 200. Jadi, empat blok silinder Bajaj Pulsar dibikin jadi dua silinder, model V-twin 43 derajat. “Sengaja saya pilih derajatnya 43, karena kalau 45 derajat kan sudah ada yang punya,” ungkap pria kelahiran Blitar, Jawa Timur itu.

Di dalam blok silinder tadi, terdapat piston ukuran 72 mm milik mobil Honda Civic Excellent, sedangkan setang seher aplikasi Harley-Davidson Sportster tahun 1957. Didukung oleh noken as handmade dan klep milik Honda Genio, dan trasnmisi ambil dari Ariel 500.

Mesin tersebut nantinya, akan menempel pada sasis juga bikinan sang ‘Insinyur’. “Tapi sasisnya belum jadi, masih proses pengerjaan 70%. Rencananya kalau sasis sudah jadi, saya mau tes mesin ini untuk menguji ketahanannya,” sambung builder berkulit sawo matang ini.

Rencananya, hasil karyanya tersebut akan mejeng di Custom Bike Show, Swedia, yang merupakan ajang kontes modifikasi yang berafiliasi dengan AMD World Championship of Custom Bike Building.

“Saya ikut kontes internasional itu biar karya saya diakui oleh pemerintah, sehingga nantinya hasil karya saya bisa bermanfaat bagi bangsa ini,” terang ‘Insinyur’ lulusan STM Bina Teknologi, Purwokerto. [dp/Hml]

© 2017 Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com All Rights Reserved.
KOMENTAR

  1. negarakayasayamiskin
    15 March 2017

    Semoga sukses ya. Tapi kesuksesan orang jenius seperti anda ada di luar negeri. Di dalam negeri jangan berharap banyak…