Curi Ilmu ke Ferrari, Mobil Mahasiswa UPI Siap Berlaga di SEM

Curi Ilmu ke Ferrari, Mobil Mahasiswa UPI Siap Berlaga di SEM

JAKARTA (DP) – Tim Bumi Siliwangi Team 4 dari Universitas Pendidikan Bandung akan kembali mengikuti Shell Eco-Marathon (SEM) Asia ke-8 di Singapura. Sejumlah persiapan pun dilakukan, termasuk menyiapkan mobil baru.

Ramdhani, Manager tim Bumi Siliwangi Team 4 mengatakan, mobil yang dibawa kali ini berbeda dari tahun lalu. Ubahan mencakup bobot keseluruhan yang lebih ringan 6 kg, dan upgrade mesin.

Bobot dipangkas dengan cara mengaplikasikan teknik vacum. Cara ini didapat dari kunjungan ke markas Ferrari di Maranello, Italia, setelah tahun lalu menjuarai SEM Driver World Champions (DWC) di London, Inggris.

“Karbon bodi kita sekarang lebih kuat dan halus. Cara pembuatannya sudah tidak pakai layer per layer, tapi vacum seperti pembuatan pesawat terbang. Kita juga pangkas bobot di rangka sehingga total lebih ringan 6 kg,” katanya.

Pada dasarnya kata Ramdhani, tim seperti membuat mobil baru. Fokusnya selain pengurangan bobot yaitu soal desain yang aerodinamis. Sekali lagi, ini didapat dari masukan tim Ferrari.

“Semua akan usahakan untuk dapat merangkum masukan yang kami terima dari markas Ferrari. Terutama mengenai composite dan bentuk aerodinamika dari body mobil,” katanya.

Target
Ramdhani mengatakan target tahun ini sama seperti tahu lalu, yakni bisa juara 1 di urban concept. Namun target mobil yakni bisa dipacu lebih jauh dari catatan tahun lalu.

“Di SEM Asia tahun lalu sekitar 77,6 km/kwh setelah itu kita perbaiki dan November tahun lalu itu tembus 170-an km/kwh. Target kita buat SEM Asia Singapura bisa mencapai 200 km/kwh,” tegasnya. [dp/Gls]

Spesifikasi:
Nama Mobil : Turangga Cetha EV5
Kategori : Urban Concept
Sasis : Campuan besi dan komposit
Bodi : Serat karbon
Dimensi : 2.300 mm/ 1.050 mm/ 1.250 mm
Sumbu Roda ” 1.250 mm
Berat : 95 kg
Ban dan Lingkar Velg : 90/80-17 inci
Sumber Tenaga : Baterai listrik Li-ion
Transmisi : Rantai
Rem : Cakram
Mesin : Motor Listrik

© 2017 Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com All Rights Reserved.
KOMENTAR