Airbus Pop.Up Hasil Kawin Silang Mobil dan Helikopter

Airbus Pop.Up Hasil Kawin Silang Mobil dan Helikopter

JENEWA (DP) – Lantai Geneva Motor Show 2017, Swiss, menjadi ajang pertunjukan bagi para pembuat teknologi mutakhir di bidang otomotif dan transportasi. Salah satu yang memanfaatkannya adalah perusahaan penerbangan Airbus, melalui konsep alat transportasi masa depan bernama Pop.Up.

Bekerjasama dengan Italdesign, Airbus menciptakan kendaraan modular yang bisa berjalan di darat tapi sekaligus juga merayap di udara.

Keduanya menyebut, kendaraan yang mengandalkan motor listrik dan bekerja secara otonom ini akan menjadi tawaran mobilisasi perkotaan 2030.

Pop.Up sendiri diklaim dibangun dengan mengandalkan tiga prinsip utama, yakni;

1. Sebuah platform Kecerdasan Buatan, berdasarkan pengetahuan penggunanya, mengelola kerumitan perjalanan, dengan menawarkan beberapa alternatif skenario transportasi dan memastikan pengalaman perjalanan yang lancar;

2. Sebuah kendaraan berbentuk kapsul penumpang yang dirancang untuk dapat dipasangkan dengan dua modul berbeda, bertenaga listrik dan bersifat independen (modul darat dan modul udara).

3. Sebuah modul antarmuka yang berkomunikasi dengan pengguna di lingkungan serba virtual. Sistem Pop.Up bertujuan untuk “mengembalikan” waktu kepada para komuter melalui sebuah cara baru.

Kendaraan Pop.Up diklaim menggabungkan fleksibilitas dari kendaraan darat dua-kursi berukuran kecil berbentuk kapsul, dengan kebebasan dan kecepatan yang ditawarkan oleh kemampuan lepas landas dan mendarat
secara vertikal (VTOL) dari kendaraan udara.

Pop.Up terintegrasi dengan sebuah modul yang memiliki empat roda berfungsi laiknya mobil, dan modul dengan empat baling-baling untuk terbang.

Modus operandi Pop.Up cukup sederhana, penumpang tinggal merencanakan dan memesan perjalanan melalui sebuah aplikasi. Sistem akan secara otomatis menawarkan solusi transportasi, berdasarkan kebutuhan pengguna.

“Menambahkan dimensi ketiga pada jaringan transportasi multi-modal yang akan meningkatkan cara kita hidup dan bagaimana kita bisa (berpindah) dari A ke B,” kata General Manager for Urban Air Mobility Airbus Mathias Thomsen. [dp]

© 2017 Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com All Rights Reserved.
KOMENTAR