Sienta Harapan Toyota Indonesia Tingkatkan Ekspor

Sienta Harapan Toyota Indonesia Tingkatkan Ekspor

JAKARTA (DP) – Peningkatan pesat ekspor kendaraan Toyota dari Indonesia pada awal tahun ini membuat PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) yakin hasil positif tersebut berlanjut sepanjang tahun. Bahkan, TMMIN menargetkan ekspor tahun ini akan tumbuh setidaknya 10 persen dibandingkan 2016.

Pada Januari sendiri, ekspor tahun ini telah berhasil mencatat pertumbuhan pesat hingga 76 persen bila dibandingkan dengan periode sama pada 2016. Sebanyak 15.400 unit kendaraan Toyota dari Indonesia telah diekspor pada Januari 2017.

Selain mengandalkan model-model baru, pertumbuhan ekspor juga diharapkan berasal dari negara-negara tujuan baru, seperti dikatakan oleh Senior Director TMMIN, Edward Otto Kanter, Rabu (8/3) lalu.

“Ada varian baru seperti Sienta dan destinasi baru juga kita kembangkan seperti ke Vietnam, kemudian Filipina, itu kita naikkan di Innova,” kata Edward.

“Kemudian Vietnam yang sebelumnya menerima Fortuner dalam bentuk CKD dari Indonesia dan Thailand, sekarang SBU dari kita. Itu karena ada perubahan kebijakan perpajakan di sana jadi mereka impor utuh.”

Selain Vietnam, negara tujuan baru yang sedang coba dijajaki oleh TMMIN adalah Maroko. Hadirnya model baru yang diekspor seperti Sienta pun juga menjadi harapan untuk meningkatkan ekspor tahun ini.

Penurunan ekspor dialami TMMIN pada tahun lalu, yakni dengan total sebanyak 169.098 unit dibanding pada 2015 yang sebanyak 176.737 unit. Lemahnya harga minyak dunia menjadi faktor turunnya ekspor, khususnya di negara-negara Timur Tengah. [dp/Whr]

© 2017 Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com All Rights Reserved.
KOMENTAR