Soal Recall Global, Mercedes-Benz Indonesia Tunggu Instruksi Daimler

Soal Recall Global, Mercedes-Benz Indonesia Tunggu Instruksi Daimler

JAKARTA (DP) – Terjadinya recall jutaan unit Mercedes-Benz di seluruh dunia, sejauh ini belum berpengaruh terhadap unit yang ada di Indonesia. namun, PT Mercedes-Benz Distrubusi Indonesia tetap siap siaga jika seandainya aksi tanggapan diinstruksikan.

Daimler AG sebagai induk perusahaan Mercedes-Benz menggelar kampanye recal jutaan unit di seluruh dunia, setelah terjadi 51 kasus kebakaran saat pengendara gagal mencoba starter mesin mobil.

Kendaraan yang terkena recall di antaranya model A-Class, B-Class, C-Class, E-Class, GLA dan GLC tahun produksi antara 2015-2017. Kebakaran kemudian terungkap disebabkan kerusakan mesin yang sebelumnya pernah terkena banjir atau terendam air.

“Daimler AG telah menyampaikan bahwa pada kendaraan tertentu yang sebelumnya pernah mengalami kerusakan dikarenakan mesin yang terkena banjir atau terendam air (kondisi yang biasa dikenal dengan istilah ‘hydrolocked engine’) maka starting current limiter (pembatas arus listrik pada sistem starter) bisa mengalami kelebihan beban pada kondisi tertentu pada saat prosedur starter mobil dimulai,’ tulis pernyataan resmi Mercedes-Benz Indonesia.

Jadi, saat pengendara berusaha menyalakan mesin berulang kali meskipun mesin tidak mau menyala maka aliran listrik yang sangat tinggi pada saat proses tersebut berpotensi menyebabkan overheat pada komponen tersebut.

Untuk di Indonesia sendiri belum terjadi kasus serupa, serta belum ada instruksi langsung dari Daimler AG terkait hal ini. Namun Mercedes-Benz Indonesia akan tetap melayani konsumen terkait recall ini melalui jaringan dealer resmi terdekat dan customer care 1-5000-50.

“Kami menunggu konfirmasi dan instruksi lebih lanjut dari Daimler AG, dan akan menginformasikannya kepada seluruh pelanggan yang terkena dampaknya jika kami sudah mendapatkan detail informasinya,” lanjut pengumuman Mercedes-Benz Indonesia. [dp]

© 2017 Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com All Rights Reserved.
KOMENTAR