Mobil Tua Pakai Oli Kental, Tetap Sesuaikan

Mobil Tua Pakai Oli Kental, Tetap Sesuaikan

JAKARTA (DP) – Memilih pelumas bukan hanya soal merek tapi juga kandungannya. Idealnya, oli mobil mengikuti saran yang direkomendasikan pabrikan supaya kekentalan oli sesuai untuk mesin.

Namun karena usia, mobil ‘tua’ sering memakai oli yang lebih kental dari seharusnya. Logika yang dipakai, karena aus jarak komponen makin renggang, jadi butuh pelumas lebih padat.

Mia Krishna, Lubricant Product Development Pertamina mengatakan, untuk mobil lama bisa coba pakai pelumas yang lebih kental dengan menaikkan perlahan angka kekentalannya (viskositas).

“Misalnya biasanya pakai 20W-50 dan sudah mulai berisik, coba pertimbangkan pakai yang 10W-60. Karena usia kan ada gap dan tambah besar jadi butuh pelumas yang mampu ngisi,” katanya.

Mia menganjurkan untuk melakukan tes terlebih dahulu. Caranya setelah diisi dengan oli lebih kental jalankan mobil beberapa kilometer, kalau terasa lebih baik maka artinya cocok.

Namun, bukan berarti oli lebih kental lebih baik. “Karena tidak sesuai dengan kebutuhan. Mungkin perlu yang tidak terlalu kental juga. Jadi lihat buku manual saja,” jelasnya. [dp/Gls]

© 2017 Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com All Rights Reserved.
KOMENTAR