Infiniti Q60 Black S Concept Adopsi Hybrid Ala Mobil F1

Infiniti Q60 Black S Concept Adopsi Hybrid Ala Mobil F1

WAN CHAI D (DP) – Sistem hybrid seperti pada mobil balap Formula 1 semakin populer di industri otomotif belakangan ini. Di mana Infiniti akan menjadi pabrikan lain yang akan menerapkannya juga. Infiniti Q60 Black S Concept akan menjadi gebrakan pada Geneva Motor Show 2017, pekan depan.

Sport coupe hybrid ini dikembangkan oleh Infiniti bersama tim Renault F1, untuk menggunakan sistem pemulihan energi layaknya KERS pada mobil F1, untuk menghasilkan total tenaga hingga 500 hp.

Di balik moncongnya, Q60 Black S Concept megnandalkan mesin V6 3.0-liter dengan tenaga 400 hp. Motor listriknya sendiri memberi tambahan tenaga 100 hp.

Regenerasi energi untuk sistem hybrid sendiri, Infiniti memanfaatkan energi panas yang dihasilkan dari proses pengereman dan gas buang dari knalpot. Energi tersebut disimpan ke baterai lithium-ion, yang dipakai untuk mendorong tenaga tambahan ke mesin dan memutar turbo lebih kencang.

Penampilan Q60 Black S Concept pun tidak ketinggalan menjadi agresif, lewat body kit pada bumper depan, side skirt, saluran udara di kap mesin, bumper belakang dengan diffuser besar dan knalpot titanium. Selain body kit untuk menunjang downforce optimal, pelek 21 inci mempertegas performanya.

Divisi mobil premium dari Nissan tersebut untuk saat ini belum berencana membawa Q60 Black S Concept untuk diproduksi massal dan dipasarkan. [dp/Whr]

© 2017 Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com All Rights Reserved.
KOMENTAR