Posisi Ban yang Benar Saat Parkir di Turunan atau Tanjakan

Posisi Ban yang Benar Saat Parkir di Turunan atau Tanjakan

JAKARTA (DP) – Idealnya posisi ban saat parkir yakni lurus sesuai dengan setir. Namun dilihat dari sisi keamanan, pakem tersebut agaknya bisa dikesampingkan kala memarkir mobil dengan kondisi turunan atau tanjakan.

Anjar Rosjadi, Technical Service Executive Coordinator Astra Daihatsu Motor (ADM) mengatakan, posisi ban sebaiknya dibelokkan sedikit jika parkir di turunan untuk meminimalisir resiko mobil nyelonong.

“Kalau parkir di jalan datar memang sebaiknya ban lurus. Tapi di kondisi turunan atau tanjakan sebaiknya dibelokkan ke arah trotoar, atau ke arah yang ada penghalang,” katanya.

Misalkan mobil parkir di turunan, bagian depan mobil mengarah ke bawah dengan sisi trotoar terdekat ada di sisi kiri bodi. Maka sebaiknya setir di belokkan ke kiri, bagian depan ban ke arah trotoar.

“Alasannya kita gak tau berapa lama kita parkir, bisa cuma 1 jam hingga harian. Nah, kalau suatu saat kondisi rem kita kurang baik dan sebagainya, mobil tidak langsung nyelonong tapi bakal kena trotoar duluan,” katanya.

Kekurangannya kata Anjar, paling hanya stigma masyarakat. “Gak ngaruh sih sebetulnya ke kaki-kaki parkir belok gitu, gak bakal merusak atau sebagainya. Paling cuma dilihat orang terus dikomen seperti baru belajar naik mobil aja,” katanya. [dp/Gls]

 

 

© 2017 Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com All Rights Reserved.
KOMENTAR