Sensasi New MV Agusta Brutale 800 Hanya Hitungan Menit

Sensasi New MV Agusta Brutale 800 Hanya Hitungan Menit

BOGOR (DP) – Rasa penasaran terhadap New MV Agusta Brutale 800 akhirnya kesampaian. PT Motor Varese Indonesia (MVI) mengajak media dan komunitas MV Agusta Owners Club Indonesia (MVOCI) merasakannya langsung di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat (26/2).

Sayangnya karena peserta membludak baik dari komunitas, media dan blogger, tidak semuanya mendapat giliran mencicipi bengisnya ‘The Italian Stalion,’ karena batas sewa sirkuit Sentul hanya sampai tengah hari.

Sesi tes bergantian karena motor tes yang disediakan hanya 1 unit. Beberapa media otomotif terpaksa gigit jari lantaran tidak mendapat waktu mencobanya di sirkuit, termasuk Dapurpacu.com.

Tapi tidak masalah, di akhir sesi, kami masih bisa menungganginya meski sebentar. Hanya hitungan menit tidak sampai sebatang rokok, itu pun di pelataran parkir mobil di belakang paddock. Aksi kami berhenti setelah dilarang security.

Posisi Duduk
Pertama melihat motor yang meluncur bulan lalu ini langsung terbayang posisi duduk yang kurang ramah, apalagi untuk postur orang Asia. Maklum motor ini sejatinya adalah kembaran dari F3 800 namun tanpa fairing alias telanjang.

Namun asumsi tersebut agaknya patah ketika sudah duduk. Tangkinya memang masih mirip saudaranya, namun setang lebar dan posisi footpeg lebih santai membuatnya lebih ‘ramah,’ posisi lengan tidak terlalu lurus.

Dengan tinggi jok 829 mm, kaki pengendara yang memiliki tinggi sekitar 175 cm bisa menapak sempurna. Kurang dari itu tentu kaki seperti balerina, namun jika pernah menunggangi Kawasaki ER6 agaknya tidak terlalu kesulitan.

Bicara handling, motor ini enak dan mengikuti maunya rider. Di kecepatan rendah motor tidak terasa ‘doyong’. Soal suspensi tidak perlu ragu karena menggunakan Sachs yang diklaim lebih baik dari model lama.

Performa
Tidak banyak yang bisa dijabarkan soal performa. Seperti disampaikan, Dapurpacu.com tidak sempat menjajalnya di sirkuit, hanya berputar-putar di belakang paddock, itu pun hanya beberapa menit.

Satu yang dapat dirasakan, di atas kertas motor ini agresif. Karakter ini agaknya bakal membuatnya sedikit merepotkan untuk pemakaian kota, lebih cocok untuk perjalanan luar kota dengan lalu lintas sepi dan jalan mulus.

Pindah Gigi
Menarik adalah fitur quick shifter up and down, dimana pengendara bisa melakukan gigi tanpa harus menekan kopling. Namun fitur ini bekerja maksimal saat putaran mesin tinggi. karena di kecepatan rendah perpindahan terasa menyentak. [dp/Gls-Byn]

© 2017 Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com All Rights Reserved.
KOMENTAR