Pocket Bike Susah Distarter? Cek Kondisi Ini..

Pocket Bike Susah Distarter? Cek Kondisi Ini..

JAKARTA (DP) – Karena statusnya sebagai hobi dan bukan prioritas, banyak pemilik pocket bike alias motor mini hanya memakainya beberapa kali. Paling banter dipakai kopdar (kopi darat) tiap minggu, selebihnya kebanyakan di garasi.

Buat yang tipe seperti di atas pasti pernah merasakan motor susah distarter. Apalagi kalau motor diam tidak dipakai lebih dari 2 minggu, atau tidak dipanaskan berhari-hari.

Endang Tirtana, mekanik Dangky Tirta Faulis (DTF) mengatakan, sekiranya motor bakal ‘nganggur’ lama, maka biasakan mengosongkan karburator dari bensin. Supaya ketika akan dinyalakan lebih mudah.

“Sekiranya bakal lama karburator harus kosong dari bensin. Caranya tutup keran, nyalain motor sampai bensinnya habis dan mati sendiri. Supaya nanti pas mau nyalain lagi-lagi lebih gampang,” katanya.

Pria yang buka praktek di Jl. Haji Yasim komplek Yado 1, Radio Dalam, Jakarta tersebut mengatakan, motor susah distarter lantaran oli samping buat pelumas mengendap di bagian bawah.

“Soalnya kan oli kalau disimpen lama olinya ngendap di bawah. Pas mau nyalain yang kesedot oli aja jadinya,” kata mekanik kawakan di Komunitas Motor Mini Indonesia (KOMMI).

Seperti diketahui, sistem pelumasan ‘jeroan’ pocket bike tidak menggunakan oli mesin, melainkan langsung dari bensin campur oli samping. Ini yang membuat oli mengendap di bagian bawah mesin jika jarang digunakan.[dp/Gls]

© 2017 Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com All Rights Reserved.
KOMENTAR

  1. Egi
    18 April 2017

    Om jasa mekanik panggilan ada ga