‘Obat’ Kulit Jok Jika Terkena Coretan Pulpen

‘Obat’ Kulit Jok Jika Terkena Coretan Pulpen

JAKARTA (DP) – Noda di jok memang menjadi momok para pengguna mobil, karena umumnya sulit dibersihkan. Makin jadi jika punya anak kecil, jok berisiko kena corat-coret, bisa pakai pulpen maupun alat tulis lain.

Jaya Wilantara Lim, owner Total Synthetic Leather mengatakan, untuk kulit sintetis, satu-satunya cara untuk menghilangkan noda pulpen atau spidol yakni dengan segera membersihkannya.

“Untuk bahan PVC kalau kena coret pulpen sangat susah hilang. Satu-satunya cara, semakin cepat dibersihkan makin cepat hilang meski itu juga tidak 100%. Kalau didiamkan sebentar saja makin susah lagi karena sudah menyerap,” katanya.

Pria yang akrab dipanggil Toto ini menambahkan, noda pulpen sangat sulit dihilangkan karena bahan pembuat tinta dan material kulit sintetis saling mengikat. Berbeda dengan kulit asli yang justru lebih mudah dihilangkan.

“Sebab kimia dengan kimia akan mengikat. Sangat susah hilang. Kalau hilang paling cuma 20%. Kalau kulit asli masih bisa lebih dari itu. Tapi kalau oscar/semi kulit tidak ada obatnya. Kena langsung bersihkan,” katanya.

Deterjen
Banyak yang kemudian menggunakan sabun berdeterjen untuk menghilangkan noda. Bisa saja noda hilang, namun risikonya kulit jadi getas. Hasilnya kulit jadi mudah pecah bahkan robek.

Toto memberi saran, untuk noda yang cukup berat bisa pakai shampo. Paling baik gunakan shampo bayi karena kandungan ph-nya rendah. Meski tidak menjamin dapat menghilangkan noda pulpen.

“Soalnya kalau pakai deterjen berdampak mengurangi elastisitas kulit. Bisa rapuh saat bereaksi. Bagian yang dicuci itu akan keras dan jadi tidak elastis, kemungkinannya pecah jadi besar atau robek.[dp/Gls]

© 2017 Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com All Rights Reserved.
KOMENTAR