Cara Merawat Kulit Sintetis Biar Tidak Gampang Pecah

Cara Merawat Kulit Sintetis Biar Tidak Gampang Pecah

JAKARTA (DP) – Secara umum material pelapis jok ada dua, yaitu kulit dan semi kulit. Khusus untuk kulit sintetis, meski terbuat dari olahan kimia tetap butuh perhatian. Terutama saat membersihkan. Perlakukan yang salah akan membuat kulit cepat rusak.

Jaya Wilantara Lim, owner Total Synthetic Leather mengatakan, untuk membersihakn kulit sintetis atau berbahan PVC cukup menggunakan air hangat. Jika ada noda berat, pakai shampo rambut. Jangan menggunakan pembersih yang mengandung deterjen.

“Kalau nodanya berat bisa pakai shampo, terbaik pakai shampo bayi. Jangan pakai deterjen. Bahan kimia di deterjen bakal mengurangi elastisitas kulit. Bagian yang dicuci pakai deterjen itu bakal keras. Kemungkinan pecah atau robeknya jadi besar,” katanya.

Selain jangan menggunakan deterjen, setelah dilap pakai air hangat, biasakan langsung mengeringkan permukaan kulit menggunakan kain micro fiber. Alasannya hampir sama, supaya permukaan kulit tetap elastis.

“Biasakan jika habis di lap langsung lap hingga kering. Ini juga yang paling banyak terjadi. Soalnya kalau tidak langsung dikeringkan, bahan bakal nyerap air. Kalau keseringan bakal bikin pecah kulit. Lap paling baik pakai micro fiber,” katanya.[dp/Gls]

© 2017 Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com All Rights Reserved.
KOMENTAR