Mencicipi Proton Iriz di Indonesia

Mencicipi Proton Iriz di Indonesia

SENTUL (DP) – Awal Tahun 2017 dimanfaatkan oleh Proton Indonesia untuk memperkenalkan produk barunya yaitu Proton Iriz di Sentul, Bogor, Jawa Barat, Kamis (18/02). Dapurpacu.com mendapatkan kesempatan untuk mencoba mobil produksi Malaysia tersebut.

Impresi pertama yang dirasakan adalah mobil ini sangat ringkas dan begitu pula di kabin kendaraan, walaupun mobil ini berdimensi mungil, tapi tatanan jok dan door trim yang tepat membuat Iriz berkesan lega.

Posisi tempat duduk juga dapat diatur dengan mudah seperti posisi maju-mundur dan juga bisa diatur ketinggian joknya. Kursi juga terasa sangat empuk begitu diduduki sehingga secara ergonomis memang nyaman.

Saat mesin sudah dinyalahkan dan ingin mengusap air yang ada di kaca depan, mobil ini meniru mobil eropa yang posisi tuas pengaturan wiper yang ada di sisi kanan, sementara tuas putar lampu utama ada di sebelah kiri.

Iriz terbilang lengkap memerhatikan keselamatan untuk sebuah mobil mungil, sebab sudah disematkan Electronic Stability Control + Vehicle Stability Control, Traction Control, stuktur rangka HPF, ABS, Electronic Braking Distribution, hingga Hill Hold Assist. Selain itu Proton Iriz juga sudah mengantongi 5 bintang dari Asean NCAP.

Performa
Menggunakan mesin Proton Iriz 1.3L dan dilengkapi CVT (Continuously Variable Transmission), kami mulai melakukan test drive yang hanya diberikan kesempatan sekitar 10 km dari tempat kumpul di bukit Sentul.

Tenaga mesin 1.3L VVT terbilang perlu kesabaran ketika berakselerasi menggunakan CVT, namun cukup pasti sentakannya pada teriakan mesin 3000 rpm. Ketika saat melakukan over taking di tanjakan suara mesin seperti memberikan adrenalin di dalam kabin.

Sedangkan untuk Iriz 1.3L dengan transmisi manual sangat reponsif, tidak perlu menunggu sampai rpm 3000 putaran mesin begitu cepat saat dibarengi perpindahan gigi. Sehingga tarikannya jauh lebih maksimal dari putaran atas dan bawah.

Kedua tipe manual maupun CVT, mengadopsi mesin 1.332cc, yang diklaim sanggup menyemburkan tenaga 94 hp pada 5750 rpm dan torsi 120Nm pada 4000 rpm.

Pengendalian
Teknisi yang berasal dari Proton Malaysia mengklaim, mobil ini mengadopsi teknologi Lotus dari Inggris. Jadi memang saat berjalan handlingnya sangat baik, walaupun bisa dibilang mobil ini kecil.

Akurasinya kemudi terbilang cukup, hal ini kami temukan ketika berusaha menyalip kendaraan lain di atas kecepatan 40 km/jam, arah mobil ini sangat lincah.

Sayangnya, kami tak bisa lebih jauh mengeksplorasi lebih jauh Iriz yang merupakan kejutan dari Proton yang diharapkan bisa bertarung dengan LCGC di Indonesia.[dp/Res]

© 2017 Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com All Rights Reserved.
KOMENTAR

  1. riefenation
    12 February 2017

    Harusnya masukin duluan yang premium. Biar mata konsumen Indonesia terpesona… baru kenalin yang versi hemat….