Hindari Kebiasaan Lama, Putar Kunci Langsung Starter Motor

Hindari Kebiasaan Lama, Putar Kunci Langsung Starter Motor

JAKARTA (DP) – Entah karena terburu-buru atau sebab lain, kerap terjadi pengguna motor langsung menstarter kendaraannya usai kunci kontak diputar ke posisi on. Padahal jarum odometer masih bergerak dan belum balik ke posisi semula.

Meski tidak ada pengaruh langsung, hal tersebut ternyata cukup merugikan. Sarwono Edi, Technical Service Division Astra Honda Motor (AHM) mengatakan, perilaku kecil ini membuat kerja aki jadi berat.

Pada pengguna motor Honda keluaran baru, saat jarum sedang bergerak pompa bahan bakar sebetulnya sedang bekerja untuk memberi tekanan pada injector. Berarti, konsumsi energi listrik dari aki masih cukup besar.

“Jika aki tersebut kondisi prima maka tidak ada masalah, akan tetapi jika kondisi aki kurang prima, maka aki akan sedikit berat mensuplai energy listrik ke pompa dan motor starter,” kata Sarwono.

Untuk itu biasakan sebelum menstarter motor, menunggu hingga jarum balik ke posisi on. Namun jika kebiasaan lama sulit dihilangkan, ada baiknya selalu mengecek kesehatan aki. Perlakuan dan perawatan yang tepat akan memperpanjang umur komponen.[dp/Gls]

 

© 2017 Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com All Rights Reserved.
KOMENTAR