Efek Jika Filter Udara Motor Kotor

Efek Jika Filter Udara Motor Kotor

JAKARTA (DP)–Sepeda motor memiliki saringan udara yang berfungsi untuk meyerap debu supaya kotoran tidak masuk ke dalam ruang bakar sepeda motor.

Saringan udara pada sepeda motor perlu dibersihkan supaya kinerja mesin tetap terjaga, karena jika filter udara tidak pernah dibersihkan akan memengaruhi kinerja mesin.

Menurut Stanley Sibuea, selaku kepala mekanik AHASS TODO STANLEY Depok, jika filter udara kotor, akan memengaruhi usia pakai pada busi.

“Kalau filter kotor bahaya banget sih tidak, tapi usia pakai busi akan lebih pendek karena bisa saja kotoran yang dari saringan udara ikut masuk sehingga menyebabkan kerak pada ruang bakar,” buka Stanley.

Stanley menyarankan, supaya saringan udara dibersihkan setiap 8000 km, dan harus diganti setelah 16000 km. Jika saringan udara kotor tetap dipakai mesin akan ngadat dan susah dihidupkan.

“Kalau filternya tidak parah sih nggak ngaruh, kalau parah paling motor susah dihidupkan. Dampaknya mesin akan mbrebet,” terang Stanley kepada dapurpacu, Rabu (8/2).[dp/Ric]

© 2017 Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com All Rights Reserved.
KOMENTAR