Honda Ingin Tingkatkan Kapasitas Ekspor

Honda Ingin Tingkatkan Kapasitas Ekspor

JAKARTA (DP)– Dua pabrikan sepeda motor di Indonesia yakni PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) 2W dan PT Yamaha indonesia Motor Manufacturing (YIMM) sudah melakukan ekspor sepeda motor ke Eropa, sedangkan PT Astra Honda Motor (AHM) masih fokus ekspor di negara ASEAN.

Menjawab pertanyaan wartawan, pada Jum’at (03/2) di Jakarta, Johanes Loman, Executive Vice President AHM, mengatakan bukan soal negera mana yang menjadi tujuan ekspor, tapi peningkatan ekspor juga diperlukan.

“Kami tidak harus ekspor ke negara mana, yang kami inginkan bagaimana supaya bisa terus meningkatkan ekspor. Karena Kami juga memperhatikan negara tujuan, setiap negarakan memiliki regulasi sendiri. Jadi ada yang kami kirim secara completely built up (CBU) ada juga yang hanya perkomponen,” ujar Loman.

Loman menambahkan, untuk ekspor komponen Honda sangat banyak, tapi memang tidak terlalu diekspos. “Untuk komponen kami sudah ekspor cukup banyak,tapi memang tidak pernah diekspos. Untuk CBU kami sudah ekspor ke Filipina, ada juga dalam bentuk komponen ke Thailand dan Malaysia,” tambah Loman.

Lebih lanjut Loman mengatakan, bukan berarti AHM tidak ada niat untuk ekspor ke Eropa, sejauh ini AHM sedang mempelajari tiap-tiap negara yang akan dituju.

“Tahun lalu kami sudah ekspor sebanyak 58 ribu unit, tahun ini tentunya kami ingin naik, tapi kami juga sedang mempelajari tiap-tiap negara. Menurut saya, mereka juga dalam kondisi ekonomi yang flat. Bahkan ada yang turun. Back bone saat ini Honda BeAT,” terang Loman.[dp/Ric]

© 2017 Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com All Rights Reserved.
KOMENTAR