M Fadli Berbagi “Ajian” ke Pebalap Cilik MiniGP

M Fadli Berbagi “Ajian” ke Pebalap Cilik MiniGP

BEKASI (DP) – Seri perdana Indonesia MiniGP (IMGP) musim 2017 menggandeng 43 Racing School untuk sesi coaching clinic. Sebagai pembina, M Fadli terlihat semangat memberi penyuluhan teknik balap yang benar ke para pebalap cilik yang akan bertanding.

“Yang diberikan tahap dasar soal pengereman, cornering dan body position,” katanya. “Kita pakai istilah bahasa yang mudah dimengerti mereka. Misalkan kalau bilang terlalu hard breaking jadi ngeremnya jangan keras-keras,” katanya.

Dari sisi teknik balap, M Fadli menilai kesalahan terbesar masih soal racing line. Penentuan sudut masuk dan keluar serta dikuasai dengan benar. Maklum jangankan anak kecil, pebalap profesional juga masih sering salah menentukan jalur balap yang benar.

“Racing line paling yang terlihat masih banyak salah. Tapi itu wajar karena memang butuh waktu. Susah tidak juga, tapi memang butuh waktu dan pengalaman,” katanya.

Tidak lupa, mantan pebalap nasional kelas Supersport 600 yang tahun lalu menjadi mentor Honda Racing School (HRS) ini turut mengapresiasi gelaran IMGP sebagai titik awal berkarir sebagai pebalap profesional.

“Saya lihat bagus, sekarang banyak pebalap yang sudah belajar balap dari kecil. Kalau dulu belajar balap langsung dari bebek padahal kaki juga belum sampai. Paling hanya motocross yang punya motor kecil. Sekarang ini lebih bagus,” pungkasnya.[dp/Gls]

© 2017 Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com All Rights Reserved.
KOMENTAR