Harga Minyak Dunia Lemah, Ekspor Toyota Indonesia Turun

Harga Minyak Dunia Lemah, Ekspor Toyota Indonesia Turun

JAKARTA (DP) – Tahun lalu, ekspor kendaraan Toyota dari PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) mengalami penurunan jika dibandingkan tahun 2015. Total 169.098 unit Toyota produksi Indonesia diekspor sepanjang 2016.

Disampaikan langsung oleh Warih Andang Tjahjono, Wakil Presiden Direktur TMMIN, ekspor Toyota dari Indonesia pada 2016 mengalami penurunan sekitar 5 persen. Pada 2015, ekspor tercatat sebanyak 176.737 unit.

“Terutama penurunan paling besar ada di Middle East (Timur Tengah), namun demikian ada beberapa negara di Asia yang bisa memperkecil penurunan yang ada di Middle East,” kata Warih saat jumpa dengan media, Kamis (26/1) malam.

Penurunan di Timur Tengah disebut akibat melemahnya perekonomian di wilayah tersebut karena melemahnya harga minyak dunia. Pasalnya, negara-negara di wilayah Timur Tengah sendiri menjadi tujuan utama ekspor TMMIN, maka tidak heran jika imbasnya cukup signifikan.

Vietnam dan Filipina disebut sebagai negara yang mengalami peningkatan dalam hal tujuan ekspor dari Indonesia. Sementara untuk tahun ini, TMMIN menargetkan peningkata ekspor sebesar 10 persen, mengandalkan beberapa negara tujuan baru.

Dari 169.098 unit ekspor ke 80 negara tujuan, Fortuner menjadi model dengan kontribusi terbesar sebanyak 49.018 unit. Model Toyota lain yang dieskpor yaitu Kijang Innova, Vios, Avanza, Agya, Yaris, Sienta, Rush dan Town/LiteAce. [dp/Whr]

© 2017 Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com All Rights Reserved.
KOMENTAR

  1. riefenation
    27 January 2017

    Cepet facelift tuh muka fortuner gaya jadul. Atau minta Mitsubishi siapin custom depan biar pake muka pajero.