Tarif Baru Uji Rancang Bangun “Cekik” Karoseri Indonesia

Tarif Baru Uji Rancang Bangun “Cekik” Karoseri Indonesia

JAKARTA (DP) – Pencabutan Peraturan Pemerintah (PP) No 11 Tahun 2015, kemudian digantikan PP No 15 Tahun 2016 yang mengatur tarif baru uji rancang bangun, telak mencekik bisnis karoseri di Indonesia.

Pasalnya, peraturan terbaru membebankan tarif ‘melangit’ kepada pelaku usaha karoseri terutama skala kecil-menengah. Kenaikannya, dari hanya Rp 250 ribu per model kini menjadi Rp 35 juta.

Bahkan, menurut Sekretaris Jenderal Asosiasi Karoseri Indonesia (Askarindo) T.Y Subagio, saat ditemui dalam acara INAPA 2017 di Jakarta, Rabu (24/1), sebelumnya industri karoseri malah tidak dibebankan pungutan atas uji rancang bangun.

“Sebelum 2015, kita malah tidak dipungut biaya. Baru kemudian peraturan tahun 2015 nomor 11 kita dikenakan tarif Rp 250 ribu per model rancang bangun. Celakanya, tahun lalu lewat PP nomor 15 keluar tarif baru yang sangat tinggi,” keluhnya.

Adanya tarif baru tersebut, tentu akan mengurangi keuntungan perusahaan apalagi yang masih dalam skala kecil. Karena, Subagyo mencontohkan, rata-rata mereka hanya mampu mengerjakan 1-5 unit karoseri kendaraan.

“Apalagi pemesanannya berbeda-beda, yakni beda model dan spesifikasi. Ini kan semakin memberatkan.”

Kendati itu akhirnya dibebankan ke konsumen, tapi lanjut Subagyo, bukan berarti kita bisa langsung mematok harga menjadi lebih tinggi. “Tidak segampang itu.”

Langkah Askarindo

Lantas bagaimana langkah Askarindo yang menjadi wadah berkumpulnya para pelaku di industri karoseri Indonesia? Subagyo mengatakan bahwa pihaknya sudah melakukan mediasi beberapa kali ke pemerintah.

“Kita sudah bertemu dengan pemerintah, dalam hal ini Kementerian Perhubungan sejak PP itu ditetapkan. Dan kita sudah meminta untuk meninjau ulang kebijakan tersebut dan meminta direvisi,” katanya.

Namun diakui Subagyo, hingga kini belum ada jawaban positif yang diharapkan oleh para pelaku usaha karoseri Indonesia atas perubahan aturan yang dianggap memberatkan. [dp/Rdo]

© 2017 Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com All Rights Reserved.
KOMENTAR