Mobil Pedesaan Garapan Pemerintah, Asianusa Dilupakan

Mobil Pedesaan Garapan Pemerintah, Asianusa Dilupakan

JAKARTA (DP) – Mobil pedesaan garapan Kementerian Perindustrian sudah masuk tahap uji internal sejauh 100.000 Km. Mobil alat angkut hasil pertanian dan perkebunan ini rencananya akan diperkenalkan Agustus mendatang.

Dewa Yuniardi, Kepala Bidang Pemasaran dan Hubungan Asianusa (Asosiasi Industri Automotif Nusantara) mengatakan baru mendengar mengenai kabar tersebut. “Saya baru dengar itu,” katanya kepada Dapurpacu.com, Rabu (25/1).

Pria yang juga menjabat sebagai Marketing Director FIN Komodo ini mengatakan, sebetulnya beberapa tahun lalu Kemenperin sudah pernah mencanangkan program membuat mobil pedesaan.

Saat itu kata Dewa, Kemenperin merancang mesin dan prototipe kendaraan. Kemudian platfrom itu dapat dibuat oleh pengusaha manapun. Paten berada di tangan Kemenperin dan pengusaha lokal yang memproduksi.

“Saya tahu beberapa tahun lalu Kemenperin pernah mencoba merancang mesin tapi masih prototipe. Tapi masih lama diproduksi. Pernah ada wacana kita bikin platfrom bersama. Silahkan bikin kalau mau, waktu itu Dirjen-nya Budi Darmadi,” katanya.

“Tapi waktu itu kan menyangkut hak paten dan lain-lain, akhirnya gak jalan juga,” imbuhnya.

Seperti diketahui, Pemerintah dalam hal ini Kementerian Perindustrian kembali menggagas mobil angkutan pedesaan pada November 2016 lalu. Kemenperin menggandeng IOI (Institusi Otomotif Indonesia) dan 22 perguruan tinggi dalam upaya penguatan industri kecil serta pengembangan kendaraan pedesaan.

Terkait produksi mobil pedesaan, Menperin Airlangga Hartarto mengatakan Kementrian Perindustrian akan membuat sebuah sistem terbuka (open source) sehingga mobil pedesaan bisa dibuat di mana saja.

“Dilihat ke beberapa fasilitas yang tersedia, ada beberapa assembler yang mungkin nanti kita akan pakai, bisa lokal dan ATPM,” katanya. “Kita akan buat sistemnya semacam open source dan bisa diproduksi di mana saja, karena sistemnya ada di Kemenperin.” [dp/Gls]

© 2017 Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com All Rights Reserved.
KOMENTAR

  1. Bang Odinx
    29 January 2017

    Kebanyakan wacana Boss…..!!
    udah bosan dari jaman dulu pemeriintah mah bacot doang..!!
    kalo mau industriu otomotif Indonesia maju, dari dulu juga sudah bisa maju kalau pemerintah benar2 berpihak pada anak negeri..!!