Produksi Mobil Murah Pedesaan Tengah Digodok Kemperin

Produksi Mobil Murah Pedesaan Tengah Digodok Kemperin

BOGOR (DP) – Mobil pedesaan garapan Kementerian Perindustrian dan IOI (Institusi Otomotif Indonesia) sedang melakukan uji internal sejauh 100.000 Km. Namun Kemenperin belum menentukan siapa pihak yang bakal memproduksi mobil tersebut.

“Dilihat ke beberapa fasilitas yang tersedia, ada beberapa assembler yang mungkin nanti kita akan pakai, bisa lokal dan ATPM,” kata Menperin Airlangga Hartarto saat peresmian perakitan Mercedes Benz E-Class di Pabrik Wanaherang, Bogor, Selasa (24/1).

Menperin mengatakan Kementrian Perindustrian akan membuat sebuah sistem terbuka (open source) sehingga mobil pedesaan bisa dibuat di mana saja. “Kita akan buat sistemnya semacam open source dan bisa diproduksi di mana saja, karena sistemnya ada di Kemenperin,” katanya.

Menperin mengatakan masih melihat segala sesuatunya. Termasuk fasilitas apa saja yang dibutuhkan termasuk dan para assembler yang nanti ditunjuk. Pastinya kata Menperin pihaknya tidak membuka pitching untuk para assembler.

“Karena ini kan prinsipnya perindustrian nanti akan buat desain, karena ini sifatnya kendaraan pedesaan, kita akan buatkan sistem komponen, kita akan buatkan sistem variasi produksinya. Dimana nanti bisa juga diproduksi di bengkel-bengkel ataupun pabrikan karoseri setempat,” pungkasnya.[dp/Gls]

© 2017 Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com All Rights Reserved.
KOMENTAR

  1. WW4Nto
    24 January 2017

    that thing ?