Nolan Berlabel SNI Bukan Berarti Helm Murahan

Nolan Berlabel SNI Bukan Berarti Helm Murahan

JAKARTA (DP) – Ditunjuknya PT Prakarsa Abadi Sentosa (PAS) sebagai distributor eksklusif Nolan Group, maka seluruh produk helmnya, seperti Nolan, X-Lite, dan Grex yang dipasarkan di Indonesia akan memakai label Standard Nasional Indonesia (SNI). Namun masalah, masih banyak yang beranggapan bahwa helm SNI sebagai barang murahan.

“Mulai tahun ini, seluruh produk helm bermerek Nolan, X-Lite, dan Grex sudah bersertifikat SNI,” tegas Wisnu Bastari, Direktur PAS, Sabtu (21/1).

Lebih lanjut, Wisnu menjelaskan, bahwa keputusan PAS dan prinsipal ikut dalam aturan homologasi nasional merupakan langkah niat baik untuk berbisnis di Indonesia, dan sekaligus ingin mengedukasi bahwa helm berlabel SNI bukan berarti barang murahan.

“Ini hanya bagian dari ketaatan berbisnis yang diatur setiap negara. Sedangkan sisi produk, adanya label SNI bukan berarti ada pengurangan dari segi kualitas, kontrol produksi ataupun komponen,” katanya.

“Karena, homologasi nasional kita juga sesuai dengan standardisasi yang lain.”

Itu juga dilakukan Nolan Group ketika berekspansi di beberapa negara, terang Wisnu. Sejumlah homologasi Nolan Group, seperti DOT FMVSS (USA), AS/NZS 1698 (Australia), SG/JCS&MFJ (Jepang), dan Eropa.

Lalu bagaimana dengan produk Nolan (tanpa label SNI) yang sudah dipasarkan sebelumnya oleh sejumlah importir umum? Wisnu menjawab, “Perlahan itu akan kita habiskan ketersediaannya. Jadi nanti hak niaga Nolan semuanya dari PAS yang sudah dilengkapi sertifikat SNI.

“Kita sudah melakukan kerjasama dengan sejumlah toko helm, dan mereka yang sebelumnya menjual Nolan tanpa SNI dan stok masih ada, maka tetap kita berikan kesempatan menghabiskan. Selanjutnya, distribusi Nolan dan model lain langsung kita pusatkan ke PAS,” terang Wisnu.

Di sisi lain, adanya SNI tentu menambah biaya produksi helm Nolan ketika dipasarkan. Kendati diakui demikian, PAS menegaskan bahwa harga jual setelah ada SNI tidak lantas jadi lebih mahal.

“Ada tambahan beban biaya ke kita itu betul, tapi itu sudah menjadi komitmen kita untuk tidak merubah harga Nolan dari yang sudah ada di pasar. Karena harga Nolan sudah terbentuk, dan itu tidak akan kita rubah,” tambahnya. [dp/Rdo]

© 2017 Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com All Rights Reserved.
KOMENTAR