Tanjakan Babeh Primadona Crosser di Hambalang

Tanjakan Babeh Primadona Crosser di Hambalang

BOGOR (DP) – Di kalangan crosser yang suka adventure, lintasan tanah tanpa ada medan tanjakan seperti sayur tanpa garam hambar rasanya. Sebuah tanjakan seperti menu wajib dikala bermain offroad.

Makanya, tidak heran jika muncul sejumlah istilah tanjakan irung, Tanjakan Tipis-tipis di Malang, dan Tanjakan Cinta di Subang. Bahkan, pada gelaran Malang Adventure Trail (MAT) 6, enduro climbing (jalur tanjakan curam) jadi favorit peserta.

Saat ini yang lagi ‘ngehits’ di kalangan crosser Jakarta-Bogor yang sering menjelajah area Hambalang, Bogor, Jawa Barat, juga muncul tanjakan berjuluk adalah Babeh. Asiknya, di puncak Tanjakan Babeh terdapat area kosong yang menyuguhkan pemandangan nan indah.

Tak heran, jika di puncak Tanjakan Babeh menjadi tempat para crosser untuk beristirahat. Sambil melepas penat, candaan khas crosser mengejek temannya yang tidak berhasil melewati Tanjakan Babeh selalu muncul.

Bagi para crosser yang tidak berhasil melewati Tanjakan Babeh, dapat menuju puncaknya melewati jalur evakuasi yang menyuguhkan tanjakan lebih landai daripada Tanjakan Babeh.

“Kira-kira tanjakan ini punya sudut kemiringan 70 derajat dengan ketinggian tebing sekitar 429 meter,” ungkap Dedi Prayatna, dari Cibubur Motorcycle (CMS) yang berhasil melewati Tanjakan Babeh.

Sekarang itu, lanjut pria akrab dipanggil Kapten Dedi itu, ada lagi yang namanya Tanjakan Babeh 2. Tapi bedanya, Tanjakan Babeh 2 ruang untuk mengambil ancang-ancangnya tidak panjang.

“Berbeda dengan Tanjakan Babeh (yang utama), meskipun ruang untuk mengambil ancang-ancang yang panjang. Tapi terdapat dua tanjakan, sehingga kesulitan menerjang tanjakan yang kedua itu yang sulit,” tambahnya.

Tanjakan Babeh ini memiliki permukaan tanah keras, sehingga banyak crosser mengalami backflip. Karena hentakan ban belakang yang mengakibatkan ban depan terangkat. “Seru kalau hujan, tapi harus pakai motor spesial engine,” katanya.

Makanya tidak heran, ketika Dapurpacu.com menyambangi Tanjakan Babeh banyak para crosser hilir mudik melewati di sana. [dp/Hml]

© 2017 Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com All Rights Reserved.
KOMENTAR