Hebat, Ini Mobil Listrik Pertama Penakluk Reli Dakar

BUENOS AIRES (DP) – Peugeot memang berhasil kembali menaklukkan Reli Dakar 2017, dengan menguasai kemenangan posisi 1-2-3. Namun, prestasi kecil satu ini juga patut diapresiasi di tengah gempuran raksasa pada reli paling mematikan di dunia tersebut.

Sebuah mobil listrik untuk pertama kalinya berhasil mengikuti Reli Dakar 2017 hingga finis, yakni Acciona 100% EcoPowered, sebuah tim yang berasal dari Spanyol.

Memang hanya finis keseluruhan di posisi ke-57 di kelasnya, tapi Acciona akhirnya berhasil menuntaskan reli sepanjang lebih dari 9.000 kilometer tersebut. 2017 juga menjadi kali ketiga Acciona berlaga di Dakar.

Mobil dengan nama 100% EcoPowered itu sendiri dipersenjatai motor listrik berdaya 250 kW yang mampu meluapkan torsi sebesar 800 Nm. Keunggulan 100% EcoPowered adalah kemampuannya mengisi ulang daya secara independen pada modul baterai 150 kWh.

Sumber daya sendiri berasal dari energi panas matahari yang diserap oleh panel surya 100 watt pada bagian atapnya, menyediakan daya tanpa henti sepanjang reli.

Proyek Acciona di Dakar yang disebut sebagai “tantangan keberlanjutan” ini pun mengandalkan duet Ariel Jatón dan Tito Rolón di balik kokpitnya. [dp/Whr]

© 2017 Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com All Rights Reserved.
KOMENTAR