Mobil Listrik PNJ: Dari Lomba Hingga Mimpi Produksi Massal

Mobil Listrik PNJ: Dari Lomba Hingga Mimpi Produksi Massal

DEPOK (DP) – Sebuah langkah yang patut diapresiasi dari apa yang sudah dilakukan Kelompok Studi Mahasiswa (KSM) Mobil Listrik Politeknik Negeri Jakarta (PNJ). Perjalanan mereka mengembangkan mobil listrik hingga bermimpi memproduksinya secara massal pada 2022.

Dimulai pada tahun 2012, sekelompok mahasiswa PNJ yang terkumpul di Kelompok Studi Mahasiswa Mobil Listrik mulai mengembangkan konsep kendaraan roda empat bertenaga listrik, dengan target awal ikut dalam sebuah kompetisi.

“Kami mengembangkan mobil listrik awalanya untuk mengikuti lomba, meliputi kategori keiritan dan balap,” buka Bayu Chandra, ketua Kelompok Studi Mahasiswa (KSM) Mobil Listrik PNJ.

Maka lahirlah mobil listrik bernama Jayakarta, sebagai mobil listrik konsep yang berkompetisi di kelas irit. Prestasi pun sukses dicetak Jayakarta, baik tingkat nasional maupun Asia.

Prestasi tersebut tentu menjawab perjuangan sejumlah anak-anak muda kreatif PNJ dalam perjalanannya mengembangkan mobil listrik, yang masih mengelukan soal pendanaan.

“Memang kami kadang terbentur dengan masalah keuangan, seperti untuk mengikuti lomba dan mengembangkan mobil listrik yang lebih sempurna,” cerita Bayu.

Untungnya, keterbatasan dan kendala tersebut tidak lantas menciutkan mereka dalam proses pengembangan mobil listrik ke arah yang lebih baik.

Buktinya, kumpulan mahasiswa jurusan teknik mesin, elektro, dan akuntansi itu masih melakukan pembaruan dalam proses menciptakan perangkat sistem penggerak mobil listrik secara pribadi, seperti transmisi elektrik.

“Kami saat ini sedang mengembangkan electric transmision secara pribadi, agar mobil listrik yang kami buat bisa lebih kencang,” tambahnya.

Selain itu, proses penyempurnaan juga mereka lakukan dalam hal meminimalisir gesekan di komponen. “Dengan begitu, keiritan dan peningkatan tenaga bisa didapat lagi,” sambut salah satu anggota KSM Mobil Listrik, Arif Ramhan, mahasiswa jurusan teknik mesin.

Menuju penyempurnaan itu, KSM PNJ ingin menarget bisa membuat mobil listrik secara massal pada tahun 2022.

“Tapi sebelum rencana itu direalisasikan, tentu tugas kami sekarang adalah terus mengembangkan teknologi dan membuat mobil listrik menjadi lebih baik.” [dp/Hml]

© 2017 Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com All Rights Reserved.
KOMENTAR