Kendaraan Taktis Militer Indonesia Bakal “Berjantung” India

Kendaraan Taktis Militer Indonesia Bakal “Berjantung” India

JAKARTA (DP) – PT Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) beberapa waktu lalu telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) bersama PT Pindad untuk melahirkan kendaraan taktis militer.

Biswadev Sengupta President Director TMDI mengatakan, pihaknya dan Pindad menandatangani nota kesepahaman untuk berbagi teknologi. Produk yang dihasilkan nantinya tidak monopoli milik Pindad.

“Kendaraan tempur bukan personal. Bisa saja nantinya diproduksi Tata Motors untuk diperjualbelikan, namun tergantung permintaan,” katanya, Selasa (17/1).

Biswadev mengatakan kendaraan tempur tersebut bakal dibuat di Indonesia karena teknologinya tidak diimpor dari India. Saat ini, TMDI terus berkoordinasi dengan Pindad hingga proses produksi dimulai.

“Semuanya masih persiapan. Prediksi kami baru mulai berjalan kurun 10 bulan ke depan,” ujar Biswadev. “Kami juga belum bisa katakan berapa banyak kendaraan tempur yang nanti diproduksi,” katanya.

Wilda Bachtiar, Manager-Brand Commercial Vehicle Tata Motors menolak membocorkan jenis kendaraan tempur yang bakal diproduksi. Namun ia mengatakan sejenis kendaraan support battle atau kendaraan khusus.

Artinya bukan kendaraan main battle field seperti tank namun seperti Anoa atau kendaraan lapis baja lain seperti Intai dan APC. “Mesin pakai punya kita. Bentuknya seperti apa itu belum sebab setelah MoU masih banyak yang perlu dibahas,” imbuhnya. [dp/Gls]

 

© 2017 Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com All Rights Reserved.
KOMENTAR