Toyota Yaris Baru “Menggoda” Jepang

Toyota Yaris Baru “Menggoda” Jepang

TOYOTA CITY (DP) – Toyota resmi merilis Vitz model 2017. Berbeda dengan generasi sebelumnya, hatchback yang di Indonesia bernama Yaris tersebut kini hadir dengan penyegaran penuh mulai eksterior, interior dan mesin.

Konsep keseluruhan tetap mengadopsi tema global keen look. Lekuknya membuat tampilan mobil lebih lebar dan rendah. Perbedaan dari Vitz lama terletak di fasia depan mulai bumper depan dan grille yang lebih ‘menukik.’

Perbedaan lain yakni lampu depan Bi-Beam LED dengan fitur auto-leveling yang tersedia sebagai opsional. Beralih kebelakang ubahan utama terlihat di pintu belakang, dan lampu belakang kombinasi.

Dimensi Vitz 2017 memiliki panjang 3.945 mm (60 mm lebih dari model sebelumnya) dan lebar 1.695 mm. Pertimbangan manuver memiliki radius putar 4,7 meter.

Namun ubahan tersebut hanya ‘pemanis’ sebab yang terbaik justru berada di bawah kulit. Selain mesin bensin standar 1.0-liter dan 1.3-liter, Vitz 2017 juga tersedia dalam versi hibrid.

Model hibrid mengusung mesin 1.5-liter berkode 1NZ-FXE, DOHC 16-katup 4-silinder dan satu unit motor listrik. Mesin bensin tersebut merupakan pengembangan dari model lama (1NZ-FE) yang ditingkatkan di inverter dan komponen lainnya.

Hasilnya Toyota membanggakan efisiensi bahan bakarnya mencapai 34,4 km/liter. Catatan tersebut 20% lebih baik dari standar emisi tahun 2020 yang ditetapkan pemerintah Jepang dan 75% lebih baik dari standar emisi Jepang 2005.

Raihan tersebut membuat Vitz hibrid memenuhi syarat mendapat subsidi pemerintah Jepang untuk insentif pajak karena termasuk dalam eco-mobil atau mobil ramah lingkungan.[dp/Gls]

© 2017 Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com All Rights Reserved.
KOMENTAR