Setelah Diperbaiki, Jembatan Cisomang Masih Terlarang untuk Bus & Truk

Setelah Diperbaiki, Jembatan Cisomang Masih Terlarang untuk Bus & Truk

JAKARTA (DP) – Jasa Marga di bawah koordinasi dan supervisi Ditjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) serta Komisi Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ), terus melakukan upaya – upaya perbaikan dan perkuatan Jembatan Cisomang.

Sampai saat ini, Kamis (12/1) progres pekerjaan yang dilakukan adalah pekerjaan grouting yang sudah dilakukan di Pilar A1, P0, P1, P2, dan P5. Pengerjaan lainnya yang akan dilakukan adalah persiapan pekerjaan wrapping dengan pemasangan Fiber Reinforced Polymer (FRP) di pilar P1 dan P2.

Selanjutnya pekerjaan strutting baja dalam proses cutting dan pengelasan material H-Beam, serta penggalian tanah di sekitar pile cap P2 dan P3. β€œHal lain Pekerjaan unloading ( cutting lereng) di sekitar abutment A1 – pilar P1, Persiapan pekerjaan ground anchor pada P0 dan persiapan platform kerja untuk pekerjaan belt bored pile,” terang Dwimawan Heru AVP Corporate Communication PT Jasa Marga (Persero) Tbk.

Selain melakukan perbaikan terhadap struktur Jembatan Cisomang, Jasa Marga juga saat ini tetap lakukan monitoring terhadap posisi pilar menggunakan metode verticality dan arah xyz (3D Model).

Serta monitoring pergerakan Jembatan Cisomang dalam waktu 24 jam menggunakan alat ukur otomatis Robotic Total Station yang dapat mengukur pergerakan jembatan hingga satuan milimeter (mm).

Berdasarkan hasil pengamatan kami sejak dilakukannya pembatasan lalu lintas yang melintas di Jembatan Cisomang pada tanggal 23 Desember 2016, dapat disimpulkan bahwa kondisi jembatan masih dalam kondisi aman untuk dilalui lalu lintas kendaraan kecil (Golongan I Non Bus).[dp/Res]

 

 

© 2017 Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com All Rights Reserved.
KOMENTAR