Digertak Trump, Bos Toyota ‘Sowan’ ke Amerika

Digertak Trump, Bos Toyota ‘Sowan’ ke Amerika

WASHINGTON (DP) – Orang nomor satu Toyota Motor Corporation (TMC), Akio Toyoda, bertemu dengan Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) terpilih Mike Pence, (10/1) di sela-sela kunjungannya ke negeri Paman Sam.

Mengutip Reuters, baik Pence dan Toyota tidak mempublikasikan isi pertemuan tertutup tersebut. Namun Toyoda diyakini menjelaskan bagaimana kontribusi Toyota pada perekonomian Amerika.

Kunjungan Toyoda dianggap sebagai jawaban atas cuitan Donald Trump di Twitter beberapa waktu lalu yang menulis bakal memberlakukan pajak tinggi apabila Toyota tetap memproduksi Corolla untuk pasar AS di Meksiko.

“Toyota mengatakan akan membangun pabrik baru di Baja, Meksiko, untuk memproduksi Corolla yang akan beredar di Amerika. Tidak bisa! Bangun pabrik di Amerika atau bayar pajak perbatasan yang besar,” kata Trump di akun Twitter-nya.

Trump menulis dengan nada ancaman karena Toyota berencana membangun pabrik baru di Guanajuato, Meksiko. Pabrik yang sudah mulai dibangun pada November lalu ini akan memiliki kapasitas produksi tahunan sebesar 200.000 unit saat beroperasi pada 2019.

Sebelum membangun pabrik baru di Guanajanto, Toyota sebetulnya sudah memiliki pabrik di Baja, Meksiko. Pabrik ini membangun mobil pikap dan truk. Selain Toyota, produsen lain yang membuka pabrik di Meksiko adalah Nissan, dan Honda. [dp/Gls]

© 2017 Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com All Rights Reserved.
KOMENTAR