Dakar 2017 Stage 8: Peterhansel Akui Loeb Jawara Lintasan Seperti Ini

Dakar 2017 Stage 8: Peterhansel Akui Loeb Jawara Lintasan Seperti Ini

SALTA (DP) – Tiga Peugeot sudah kembali merapatkan diri di puncak klasemen Dakar Rally 2017, setelah menuntaskan Stage 8, Selasa (9/1).

Saat ini Sebastien Loeb memimpin, menggantikan posisi Stephane Peterhansel yang kini bergeser ke posisi dua. Adapun Cyril Despres sudah memposisikan dirinya di posisi tiga menggeser Nani Roma (Toyota Hilux) ke posisi empat.

Roma langsung angkat bicara perihal bergeser posisi di klasemen, selain itu pada Stage 8 hanya bisa finis posisi 7 tertinggal 14:26 detik dari Loeb.

“Hari yang kurang beruntung. Saat hari rehat, tim asisten sudah berusaha menyiapkan mobil, tapi perubahan tak berdampak banyak. Kita masih bisa melaju di sesi tertentu dan bagian kedua tahapan meski sedikit lebih baik,” buka Roma.

“Tapi buat saya dan Giniel, mobil masih kekurangan tenaga saat di ketinggian, performa mesin tidak mulus ketika melaju. Masih ada dua hari yang menyulitkan dan apapun bisa terjadi. Kita harus menerimanya karena seperti inilah balapannya. Kita geber sebaik mungkin, bisa saja sedikti nekat, tapi kita takkan bisa mengamankan posisi,” tegas pereli asal Spanyol  ini.

Adapun Loeb yang saat ini memegang klasemen puncak berkomentar, “Saya merasa luar biasa. Hal ini ditunjukkan dengan usaha lebih keras, karena Stage 8 ini lintasannya saya sangat sukai. Jalanan bisa lebih ngebut, berbanding besok jalur gurun dan berpasir.”

“Saya ingin mencoba menambah jarak lebih jauh, tapi sayangnya alami bocor ban di jelang sesi akhir stage. Sehingga kehilangan beberapa menit untuk penggantian ban, tapi lumayan masih bisa memimpin.”

“Saat ini pertarungan mungkin antara saya dan Stephane, tapi saya pikir dua hari ke depan akan lebih menantang dan apapun bisa saja terjadi di sana,” tegas pereli Perancis pemegang 9 titel Juara WRC (World Rally Championship).

Peterhansel juga berkomentar soal Stage 8, “Sekali lagi Stage ini luar biasa. Pada awalnya lebih menggunakan navigasi lewati gurun, tapi tiga ratus kilometer seperti lintasan WRC. Melawan Loeb di kondisi seperti ini tidaklah mudah. Kita ketinggalan beberapa menit, tapi tidak banyak.”

“Di motorsport memang terkadang ada team order… tapi tak saya pikirkan, karena lebih baik menyiapkan balapan ini hingga tuntas,” pungkas Peterhansel. [dp/Kch]

© 2017 Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com All Rights Reserved.
KOMENTAR