Buntut Dieselgate, Eksekutif VW ‘Dicokok’ FBI

Buntut Dieselgate, Eksekutif VW ‘Dicokok’ FBI

FLORIDA (DP) – Seorang eksekutif VW bernama Oliver Schmidt ditangkap FBI di Florida, Amerika Serikat (AS). Ia ditangkap karena diduga sebagai orang yang memainkan peran kunci atas skandal kecurangan emisi diesel VW di AS.  

Mengutip New York Times, saat skandal terjadi, Schmidt menjabat sebagai manajer kapatuhan emisi VW untuk AS. Ia adalah pihak yang membuat regulator AS tidak mengetahui tentang data kecurangan.

Schmidt dikatakan mencoba meyakinkan regulator bahwa kelebihan emisi di model-model diesel VW adalah masalah teknis. Hal itu diungkapkannya tak lama setelah West Virginia University meneliti kekhawatiran tentang mesin diesel pada 2014.

Dalam sebuah pernyataan tertulis, agen FBI Ian Dinsmore mengatakan, Schmidt dituduh “sengaja mencurangi tes emisi di AS, agar memungkinkan VW terus menjual kendaraan diesel di Amerika Serikat.”

Penangkapan Schmidt datang sebagai penyelidikan kriminal terkait skandal ‘Dieselgate’ setelah VW setuju membayar lebih dari US$ 15 miliar sebagai ganti rugi atau kompensasi kepada pemilik mobil yang terkena dampak.[dp/Gls]

© 2017 Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com All Rights Reserved.
KOMENTAR