GT Radial: Keawetan Ban di Jalan Beton atau Aspal Sama Saja, Asal..

GT Radial: Keawetan Ban di Jalan Beton atau Aspal Sama Saja, Asal..

JAKARTA (DP) – Menanggapi perihal apakah ban kendaraan cepat aus di atas jalan aspal atau beton? Kami mulai mencoba mencari jawaban kepada salah satu produsen ban dalam negeri, PT Gajah Tunggal Tbk. 

Melalui General Manager Marketing and Sales Retail PT Gajah Tunggal Tbk, Arijanto Notorahardjo mengungkapkan, bahwa ban berfungsi menopang beban kendaraan, sebenarnya tidak masalah mau melewati medan jalan beton ataupun aspal, terutama manakah yang mempercepat keausan ban.

“Hanya memang ada 2 syarat mendasar yang harus dipenuhi sebelum melewati jalan aspal atau beton, yaitu pertama adalah ban tersebut kondisi anginnya terjaga dan tidak boleh kurang angin, dan yang kedua ban tersebut masih laik pakai,” tegasnya.

Ban dalam kondisi bagus di sini, lanjut Ari, adalah masih dapat dilihat kualitas kembangan di tapak bannya. Hal ini dapat dilihat bahwa ban tersebut belum melewati Tread Wear Indicator (TWI), artinya ini masih laik pakai.

Hanya saja, kalau di jalan aspal atau beton lebih kepada gesekan antara badan jalan dengan ban. Di jalan beton, ban lebih cepat aus karena walaupun permukaannya kelihatan halus, tapi apabila dalam kondisi kecepatan tinggi kemudian di rem, maka ban dan badan jalan memiliki friksi atau gesekan lebih banyak.

“Bedanya hanya difriksi aja, jadi gak ada istilah bahwa ban tersebut lebih cepat aus di jalan aspal atau beton, jadi sebenarnya sama saja,” urai Ari.

Sementara jalan beton, memang diakuinya lebih keras dan pori-pori yang ada di beton lebih kecil, sedangkan di aspal pori-porinya jauh lebih besar, sehingga begitu masuk air atau sedang turun hujan bisa menambah besar lubang, dan ini yang membuat kerja ban lebih berat, karena harus menerjang lubang.

“Dengan tekanan yang besar dari bobot kendaraan ke ban, maka begitu masuk ke dalam lubang kalau tekanannya cukup maka tekanan bobot itu bisa diserap oleh ban. Tetapi, kalau tekanannya kurang, maka ini yang membuat kerja ban lebih berat yang membuat cepat aus dan rusak,” katanya. [dp/Res]

© 2017 Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com All Rights Reserved.
KOMENTAR