Jalan Beton Bikin Cepat Aus Ban, Benarkah?

Jalan Beton Bikin Cepat Aus Ban, Benarkah?

JAKARTA (DP) – Sebenarnya mana yang lebih cepat membuat ban kendaraan cepat aus, di jalan aspal atau di jalan beton. Kali ini Dapurpacu.com membahas mengenai Aspal Vs Beton, mana lebih berpengaruh untuk ban dan seberapa kuat keduanya.

Menurut keterangan dari Mulyanto Staff Teknik PT Aspal Jakarta Hotmix yang dihubungi oleh Dapurpacu.com via telepon Minggu (8/1) yang lebih cepat memakan ban adalah jalan dengan material beton.

“Jelas kalau ingin ban tahan lama ya dengan jalan yang menggunakan material aspal, karena tingkat panas pada jalan beton jauh lebih tinggi dari jalan aspal,” katanya.

Selain itu aspal justru bisa menyerap panas dan proses pemuaian tekanan angin dalam ban saat melintas jalan beton di siang hari akan lebih tinggi dibanding di jalan aspal.

Sedangkan Sumarna Sales Representative PT Holcim Beton mengatakan sebenarnya tingkat keausan ban tidak sepenuhnya dipengaruhi dari jalan beton.

Bisa juga dipengaruhi dari kualitas ban, tekanan angin pada ban dan masih banyak lagi faktor lainnya di luar jalan berbahan beton.[dp/Res]

 

© 2017 Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com All Rights Reserved.
KOMENTAR