Kawasaki Ninja RR Mono “Ganti Kelamin’ Jadi Street Tracker

Kawasaki Ninja RR Mono “Ganti Kelamin’ Jadi Street Tracker

JAKARTA (DP) – Sebagai konseptor sekaligus builder, punggawa Hantu Laut, Donny Permana, tahu betul apa yang diinginkannya saat menggarap motor. Beruntung, dia mendapat klien yang sejalan dengan pemikirannya.

Sang empunya motor hanya memberikan patokan mengubah Kawasaki Ninja RR Mono menjadi street tracker. Konsep dan desain diserahkan sepenuhnya ke bengkel kustom yang bermarkas di H Nawi tersebut.

“Yang punya serahin ke kita, yang penting street tracker,” singkat cerita Donny.

Rombakan pertama yaitu memotong rangka belakang supaya rata dengan sasis depan untuk mendapat proporsi tubuh yang diinginkan. Termasuk mengganti monoshock asli bawaan RR Mono menjadi dual shock.

Urusan tangki diklaim yang lumayan ribet. Donny harus bolak-balik mengganti tangki karena dirasa kurang pas.

“Dua bulan ganti 3 tangki. Pertama pakai tangki CBR 250 tapi kurang pas. “Akhirnya ini. Tangkinya custom dari punya Honda Mega Pro. Kita potong-potong jadinya,” katanya.

Beralih membahas kaki-kaki, velg palang bawaan asli RR Mono dipotong dan hanya menyisakan hub-nya saja. Hub tersebut kemudian ditambah ‘O-Ring’ untuk tempat dudukan jari-jari. Kecuali yang belakang, di mana jari-jarinya langsung masuk ke hub-nya.

Donny tidak mengubah mesin yang dibiarkan standar. Namun karena perubahan tangki maka sang empunya motor memilih melepas injeksi dan memakai karburator. “Karbunya pakai PE28 dan CDI Shogun Kebo. Gampang kok ganti ke karbunya,” katanya.

Terakhir yakni mempercantik lewat detail. Seperti kain motif army di jok yang diambil dari jaket tentara asli. “Belinya di KKO. Awalnya ingin bikin pakai bahan meteran tapi tipis banget dan tidak sebagus kalau dari jaket asli,” pungkasnya.[dp/Gls]

Data Modifikasi:
Motor : Kawasaki Ninja RR Mono 2012
Tangki : Custom Honda Mega pro
Lampu Depan : Aftermarket
Lampu Belakang : Aftermarket
Shock Depan : Aftermarket Thailand
Shock Belakang : Aftermarket Thailand
Hub jari-jari : Custom
Velg/Ban Depan: Rossi 17-3.00/Shinko 130/80
Velg/Ban Belakang : Rossi 17-4.5/Shinko 140/80
Bengkel : Hantu Laut
Jl H. Nawi Raya Gang H. Jeni No 78, Telepon : 0818181078

© 2017 Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com All Rights Reserved.
KOMENTAR