Kucurkan Dana US$ 700 Juta, Ford Siapkan 7 Kendaraan Hybrid

Kucurkan Dana US$ 700 Juta, Ford Siapkan 7 Kendaraan Hybrid

MICHIGAN (DP) – Ford telah mengumumkan rencana ambisius mengenai model yang bakal mereka bangun. Pabrikan Blue Oval tersebut mengatakan bakal menelurkan 7 model kendaraan hybrid dan listrik dalam lima tahun mendatang.

Untuk mewujudkannya Ford bahkan sudah mengucurkan dana US$ 700 juta untuk memugar kompleks pabrik Flat Rock di Michigan. Lantas apa yang menarik? Bukankah saat ini tiap produsen berusaha mengejar arah teknologi hijau?

Yang menarik ternyata dua dari tujuh model yang bakal dirilis Ford tersebut berasal dari model lama. Ford ditengarai bakal meluncurkan varian “hijau” dari F-150 dan Ford Mustang hybrid.

Khusus untuk Mustang, mobil legendaris itu nantinya tidak dibekali mesin V8 dan penggerak listrik. Ford mengatakan mesin akan memakai jenis lain, namun pengaturannya disesuaikan dengan kemampuan mesin V8.

Beberapa pihak berspekulasi untuk Mustang hybrid Ford akan memakai mesin EcoBoost 2.3-liter dan sebuah motor listrik. Alasannya, mesin EcoBoost 2.3-liter sudah dipakai di model Mustang yang lain dan terbukti cukup ampuh.

Satu-satunya yang masih misteri dari Mustang hybrid yakni soal konfigurasi penggerak roda. Sebab pemilihan gerak roda depan (FWD), belakang (RWD) atau semua roda (AWD) nantinya bakal menjadi pertimbangan tersendiri bagi konsumen. [dp/Gls]

© 2017 Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com All Rights Reserved.
KOMENTAR