Rawat Kaca Helm Biar Tidak Buram

Rawat Kaca Helm Biar Tidak Buram

JAKARTA (DP) – Menjaga kaca helm tetap bersih menjadi bagian penting dalam hal keselamatan berkendara. Bukan tanpa alasan,┬ákaca helm yang kotor tentu akan menggangu visibilitas pengendara, terutama malam hari.

Masalahnya, tidak semua orang tahu cara yang benar membersihkan kaca helm. Perlakuan sembrono ketika menyeka, atau memakai bahan kimia keras untuk membersihkan mika justru membuat kaca helm cepat rusak.

Sugeng Sugiarto, Customer Service PT Danapersadaraya Motor Industry, produsen helm NHK, GM dan VOG, memberi tips bagaimana cara membersihkan kaca helm yang baik.

“Membersihkan kaca helm perlu perlakuan khusus agar tidak merusak mika kaca. Karena jika mika rusak maka kaca akan menjadi lebih buram,” kata Sugeng.

Langkah ini berlaku untuk semua helm. Caranya pun tidak susah, hanya perlu luangkan waktu sedikit. Intinya hanya jangan malas. Lebih baik luangkan waktu membersihkan yang benar daripada ganti kaca helm asli yang berbahan polikarbonat.[dp/Gls]

Persiapan:

1. Kain halus 2 buah (usahakan bukan camois)
2. Hand hand sanitizer/pembersih monitor komputer/pembersih kaca mata
3. Air hangat

Cara Bersihkan:

1. Copot kaca helm (optional), baru bilas kaca helm untuk menghilangkan kotoran yang menempel. Langkah ini untuk meminimalisir lecet. Sebab jika langsung di lap takutnya malah menimbulkan baret.

2. Basahi kain lembut dengan hand sanitizer. Kemudian ratakan cairan tersebut pada seluruh permukaan kaca.

3. Biarkan sejenak lalu lap dengan kain halus yang kering

4. Lakukan perlakuan pada kaca bagian dalam juga.

5. Untuk harian, cukup bersihkan kaca helm cukup menggunakan tisu basah sebelum berangkat bepergian.

Simpan :

1. Simpan helm sesudah dipakai ditempat yang aman dan tidak mudah terjatuh.

2. Selalu disimpan dalam keadaan tertutup dengan plastik atau pembungkus lainnya agar tidak terkena kotoran terutama debu yang bila sudah mengendap lama agak sulit dibersihkan dan membuat warna menjadi buram.

3. Untuk menghindari pencurian sebaiknya ditambahkan alat pengaman seperti kunci rantai saat meninggalkan helm ditempat parkir atau dititipkan kepada petugas parkir.

© 2017 Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com All Rights Reserved.
KOMENTAR