Andalkan EcoBoost, Ford GT Malah Semakin Boros

Andalkan EcoBoost, Ford GT Malah Semakin Boros

DETROIT (DP) – Memakai mesin berlabel EcoBoost ternyata tidak serta merta membuat semua mobil Ford menjadi ramah lingkungan dan irit bahan bakar. Itu terjadi pada Ford GT terbaru, yang ternyata menunjukkan hasil jauh dari harapan.

Environment Protection Agency (EPA) di Amerika Serikat merilis hasil konsumsi bahan bakar GT terbaru bermesin EcoBoost V6 3.5 liter twin-turbo, yang ternyata justru lebih boros dibandingkan pendahulunya yang bermesin V8 5.4 liter supercharged.

Hasil EPA menujukkan GT memiliki konsumsi bahan bakar 11 mil per galon (4,6 km/liter) untuk dalam kota, 18 mpg (7,6 km/liter) di jalan bebas hambatan, dan 14 mpg (5,9 km/liter) untuk hasil kombinasi.

Padahal, dengan mengadopsi induksi turbo, para pabrikan otomotif berharap selain bisa menghasilkan tenaga besar dengan mesin lebih kecil, juga memberikan emisi dan konsumsi bahan bakar lebih irit.

Dengan hasil tersebut, EPA memperkirakan pemilik GT akan mmengeluarkan uang hingga $ 8.000 (Rp 100 juta) lebih banyak dalam lima tahun jika dibandingkan dengan menggunakan mobil biasa.

Tapi kalau dipikir-pikir, siapa juga yang pakai supercar untuk irit-iritan? [dp/Whr]

© 2017 Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com All Rights Reserved.
KOMENTAR