Target Polri, Pembagian Kelas SIM C Mulai Pertengahan 2017

Target Polri, Pembagian Kelas SIM C Mulai Pertengahan 2017

JAKARTA (DP) – Pemerintah berencana membagi kategori SIM C (motor) menjadi tiga kelas sesuai kapasitas mesin. Hal ini sudah diwacanakan sejak tahun lalu, beberapa kali tertunda dan hingga kini belum terealisasi.

Kepala Korps Lalu Lintas Polri, Brigjen Royke Lumowa mengatakan, pelaksanaan pembagian kategori SIM motor berdasarkan kapasitas mesin masih digodok dan baru akan diterapkan pertengahan 2017.

“Sarana prasarananya kita masih menuju kesana. Perangkat regulasinya sudah kita siapkan. Karena itu butuh lahan praktek yang spesifik, untuk sekarang ini kita bertahap, targetnya pertengahan tahun,” katanya.

Seperti diketahui, SIM C akan dikategorikan menjadi tiga yakni SIM C, CI dan CII. SIM C biasa untuk motor berkapasitas 250 cc ke bawah, CI (C1) untuk motor berkapasitas 250-500 cc dan CII (C2) untuk motor di atas 500 cc.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), pengajuan SIM baru tarifnya sama yakni Rp 100 ribu sedangkan perpanjangan Rp 75 ribu.[dp/Gls]

© 2017 Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com All Rights Reserved.
KOMENTAR