Tarif Mengurus STNK Naik, POLRI Dianggap Arogan

Tarif Mengurus STNK Naik, POLRI Dianggap Arogan

JAKARTA (DP) – Kenaikan tarif pengurusan STNK dan BPKB yang diumumkan baru-baru ini telah menimbulkan polemik di berbagai kalangan masyarakat, di mana kali ini Indonesian Police Watch (IPW) menyayangkan sikap Polisi Republik Indonesia (POLRI) dalam hal ini.

IPW mengecam sikap POLRI yang memutuskan kenaikan tarif secara sepihak, tanpa persetujuan DPR atau DPRD terlebih dulu. POLRI pun dituntut untuk segera membatalkan kebijakan yang baru saja diterapkan itu.

Argumen IPW mengacu pada UU No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik pasal 31 ayat 4, yang menyebutkan bahwa penentu biaya/tarif pelayanan publik ditetapkan dengan persetujuan DPR atau DPRD.

“IPW menyesalkan sikap POLRI yang mengabaikan UU Pelayanan Publik. Sikap mengabaikan itu menunjukkan bahwa POLRI semakin arogan dan tidak patuh hukum. Sikap ini sangat disayangkan, mengingat Polri adalah lembaga penegak hukum tapi ternyata tidak patuh hukum,” jelas Neta S. Pane, Ketua Presidium IPW dalam pesan yang diterima Dapurpacu.com.

“Polri sebagai aparatur penegak hukum harus mampu memberi contoh agar seluruh komponen masyarakat di negeri ini patuh hukum dan taat pada undang undang. Jangan mentang mentang sebagai institusi penegak hukum Polri bisa seenaknya melakukan pelanggaran hukum atau mengabaikan undang undang.”

Menurut IPW, POLRI telah bersikap arogan dalam hal ini. Seharusnya POLRI bisa sabar menunggu pembahasan dan persetujuan DPR sesuai ketentuan UU Pelayanan Publik yang tampak telah diabaikannya.

Sebelumnya, Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (FITRA) juga telah menyampaikan tuntutannya kepada Presiden RI, Joko Widodo, untuk membatalkan tarif baru ini karena tidak sesuai dengan kualitas layanan yang didapatkan masyarakat selama ini. [dp/Whr]

© 2017 Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com All Rights Reserved.
KOMENTAR

  1. stoparoganmulaimikir
    7 January 2017

    Plat nomer aja 2 tahun baru kelar mau naekin tarif??? Kualitas pelayanan NOL mau minta tarif naek??? Halooo…..