Imbas Kenaikan BBM Pengaruhi Harga Komponen Vespa

Imbas Kenaikan BBM Pengaruhi Harga Komponen Vespa
JAKARTA (DP)– Awal tahun 2017 pemerintah memberikan kado pahit bagi rakyat Indonesia, berupa kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) yang diikuti dengan kenaikan beberapa kebutuhan pokok.
kenaikan harga BBM Rp 300  per/liter menjadi kekhawatiran sendiri bagi pengusaha perbengkelan, kemungkinan akan berdampak pada kenaikan harga suku cadang.
Yudha Ariftian, owner OS Vintage Autoservice, Jakarta Barat, mengakui sampai saat ini belum ada kenaikan harga suku cadang Vespa. Kenaikan harga biasanya setelah berjalan satu bulan lebih dan kenaikan harga ditentukan oleh distributor bukan pihak bengkel.
“Sampai saat ini belum ada informasi kenaikan harga spare part. Biasanya sih akan ada penyesuaian harga tapi tidak terlalu signifikan. Dan yang menaikan dari pihak distributor, karena mereka akan terkena biaya pengiriman lebih mahal dari sebelumnya,” ujar pria yang akrab disapa Aseng, saat ditemui di bengkelnya di Kebon Jeruk Jakarta Barat, Jum’at (06/1).
Kekhawatiran juga dirasakan oleh Didit Bagus Prasetyo, pemilik bengkel Vespa Scooter Jam. Ia juga mengakui dampak kenaikan harga BBM tidak berpengaruh terhadap biaya servis, kemungkinan justru pada harga spare part.
“Kalau biaya aervis tidak berpengaruh, tapi mungkin penggunanya yang terkena dampak, sejauh ini belum ada kenaikan harga biaya servis, begitu juga dengan harga sparepart belum ada kenaikan. Biasanya yang menaikan dari distributor karena mereka akan terkena dampak biaya pengiriman, tapi kalau hanya naik Rp 300 saya kira tidak akan ada kenaikan yangg siginfikan,” ujar Didit, ketika ditemui di bengkelnya di kawasan Joglo Raya, Jakarta Barat, Sabtu (07/1). [dp/Ric]
© 2017 Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com All Rights Reserved.
KOMENTAR