Lagi, Tim F1 Rio Haryanto di Ambang Kebangkrutan

Lagi, Tim F1 Rio Haryanto di Ambang Kebangkrutan

BANBURRY (DP) – Untuk kesekian kalinya, setiap akhir atau awal musim balap, tim Manor Racing kembali mengalami kesulitan finansial dan terancam bangkrut. Nama Manor pun telah didaftarkan ke administrasi.

Tim yang sempat meyakinkan kondisinya sepanjang 2016, telah gagal mendapatkan investor baru untuk bisa tampil pada musim 2017. FRP Advisory LLP bahkan ditunjuk menjadi administrator bersama untuk Just Racing Ltd yang mengoperasikan tim yang menaungi debut F1 Rio Haryanto itu.

Salah satu faktor besar yang membuat Manor terpuruk adalah gagalnya mendapat uang hadiah yag diberikan kepada tim-tim di posisi sepuluh besar klasemen konstruktor. Manor gagal setelah Felipe Nasr berhasil mendulang 2 poin untuk Sauber di seri F1 Brazil 2016, menyalip Manor dengan 1 poin.

Mercedes sebagai pemasok mesin tahun lalu juga sudah tidak menitipkan pebalap mudanya ke Manor, karena Esteban Ocon telah resmi bergabung ke Force India dan Pascal Wehrlein, selangkah lagi diumumkan sebagai pebalap Sauber. Sementara Rio Haryanto, telah tersingkir di tengah musim lalu karena gagal mendapatkan sponsor tambahan untuk membayar penuh kursi Manor.

“Selama beberapa bulan, tim manajemen senior telah bekerja tanpa lelah mencari investasi baru untuk tim menyelamatkan masa depan jangka panjangnya, tapi sayangnya telah gagal memenuhinya dalam tenggat waktu yang disediakan. Maka itu, mereka tidak punya pilihan selain memasukkan JRSL ke administrasi,” jelas Geoff Rowley dari pihak administrator.

Manor masih sebenarnya masih bisa menyelamatkan nasib sekitar 200 pegawainya, jika bisa mendapatkan investor baru sebelum seri pembuka di Australia, 24-26 Maret 2017. Namun tentu akan berdampak besar pada persiapan dan pengembangan mobil barunya. [dp/Whr]

© 2017 Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com All Rights Reserved.
KOMENTAR