Putusan Final Dugaan Kartel Yamaha dan Honda Bulan Depan

Putusan Final Dugaan Kartel Yamaha dan Honda Bulan Depan

JAKARTA (DP) – Kasus dugaan kartel dalam industri sepeda motor jenis skuter matik (skutik) 110-125 cc di Indonesia, dengan terlapor PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) dan PT Astra Honda Motor (AHM), telah melewati sidang Pemeriksaan Lanjutan Terakhir, Kamis (5/1) kemarin. Direncanakan, pemutusan perkara kemungkinan akan digelar pada akhir Februari.

Usai sidang Pemeriksaan Lanjutan terakhir, Ketua Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU), M. Syarkawi Rauf, menyatakan bahwa perkara selanjutnya akan masuk ke dalam fase Musyawarah Majelis Komisi yang dipimpin oleh Prof. Tresna Soemardi, Ph. D.

Majelis Komisi yang menangani perkara ini akan melakukan rapat majelis guna menyusun putusan perkara dimaksud.

“Penyelidikan hingga Persidangan Perkara yang melibatkan Yamaha dan Honda berjalan sangat fair, sesuai dengan due process of law. Di mana para pihak, terlapor maupun investigator diberikan kesempatan yang cukup untuk mendapatkan Keadilan,” urainya.

“Kita tunggu saja, putusan dugaan kartel ini selambat-lambatnya akan dibacakan pada 20 Februari mendatang.”

Proses sidang Pemeriksaan Lanjutan Terakhir sendiri, sudah dimulai pada Rabu (4/1) lalu. Di mana, KPPU menghadirkan Minoru Morimoto, Presiden Direktur PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, selaku Terlapor I.

Esok harinya, Kamis (5/1) kemarin, giliran KPPU menghadirkan Presiden Direktur PT. Astra Honda Motor, Hiroyuki Inuma, sebagai Terlapor II. [dp]

© 2017 Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com All Rights Reserved.
KOMENTAR