Trump Gertak Toyota Soal Produksi Corolla

Trump Gertak Toyota Soal Produksi Corolla

WASHINGTON (DP) – Belum juga resmi dilantik, Presiden AS terpilih Donald Trump mulai menyoroti produsen otomotif di AS. Trump mengancam Toyota dengan tarif tinggi apabila tetap memproduksi Corolla untuk pasar AS di Meksiko.

“Toyota mengatakan akan membangun pabrik baru di Baja, Meksiko untuk memproduksi Corolla yang akan beredar di Amerika. Tidak bisa! Bangun pabrik di Amerika atau bayar pajak perbatasan yang besar,” kata Trump di akun Twitter-nya.

Gertakan Trump ini merupakan kali kedua setelah beberapa hari lalu ia berhasil mencegah Ford membangun pabrik baru di Meksiko. Yang merupakan kali pertama produsen mobil AS melakukannya di luar Amerika.

Melansir Reuters, Toyota bereaksi dan mengatakan tidak akan terpengeruh terhadap gertakan Trump. Pabrik yang bakal di bangun di Guanajanto tersebut akan tetap memproduksi Corolla.

Pabrik Guanajuato pertama kali disebut Toyota pada 2015 dan diproyeksikan mulai beroperasi penuh pada 2019. Pabrik akan memiliki kapasitas 200.000 unit per tahun dan memperoduksi mobil kecil yang bakal di pasarkan di Amerkia Selata dan Utara.

“Toyota siap berkolaborasi dengan pemerintah Trump untuk memenuhi kepentingan konsumen dan industri otomotif,” ungkap Scott Vazin juru bicara Toyota. [dp/Gls]

© 2017 Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com All Rights Reserved.
KOMENTAR