Performa Buruk Ferrari Seperti Sebelum Era Schumacher

Performa Buruk Ferrari Seperti Sebelum Era Schumacher

LONDON (DP) – Bernie Ecclestone kembali vokal mengomentari situasi di Formula 1 saat ini. Kali ini mengenai lemahnya performa Sebastian Vettel di Ferrari. Menurutnya, Ferrari saat ini telah kembali ke era sebelum hadirnya Michael Schumacher dan Jean Todt di awal 1990-an.

Pada masa tersebut, Ferrari selalu kesulitan meraih gelar juara dunia, bahkan tidak meraih gelar pebalap selama periode 1979-1999 dan konstruktor selama 1983-2000.

Ecclestone sebagai bos manajemen F1, menyebut buruknya penampilan Vettel sepanjang 2016 justru harus disalahkan kepada Ferrari, utamanya akibat mobil yang inkonsistensi terhadap ban, kekurangan downforce dan sering tidak dapat diandalkan.

Dianggap Ecclestone, Vettel menjadi korban dari regresi teknis Ferrari yang pada tengah musim lalu melepas James Allison dari jabatan direktur teknis.

“Ferrari telah jatuh kembali ke era sebelum (Michael) Schumacher dan (Jean) Todt,” kata pria berusia 86 tahun itu. “Terlalu banyak orang Italia bekerja di sana saat ini.

“Saya tidak menentang apapun soal Italia, tapi memiliki aturan tegas dalam sebuah tim tidak sesuai dengan DNA Italia. Ferrari butuh darah segar. Saya yakin Sebastian melakukan apapun yang dia bisa untuk bisa sukses (bersama Ferrari).

“Pertanyaannya adalah apakah mereka bersedia membiarkan dia. Bukan salahnya jika dia tidak menang. Itu karena mobil dan timnya.”

Tidak gemilangnya performa Ferrari beberapa tahun belakangan telah berimbas pada redupnya pamor dan rating F1 di kalangan para penontonnya.

Sepanjang 2016 sendiri Ferrari gagal mencapai targetnya untuk menjadi juara dunia, bahkan tidak sekalipun berhasil meraih kemenangan dan harus puas mengakhiri musim di posisi ketiga klasemen konstruktor. [dp/Whr]

© 2017 Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com All Rights Reserved.
KOMENTAR