Biaya Irit, Toyota Yaris Ini Sanggup Borong 3 Piala Kontes Audio

Biaya Irit, Toyota Yaris Ini Sanggup Borong 3 Piala Kontes Audio

JAKARTA (DP) – Mengikuti kontes audio mobil ternyata tidak lantas harus mengeluarkan modal besar. Contohnya Riki Hermanto terhadap Toyota Yaris (NCP91). Bermodal Rp 10 juta lebih, Yaris racikan workshop Musical Autosound ini bisa merebut 3 piala sekaligus.

Perangkat di Yaris berkelir silver ini bisa dibilang sangat bersahabat untuk kantong pemiliknya. “Kami mencoba dengan budget yang rendah atau tidak terlalu mahal. Kurang lebih Rp 10 juta belum termasuk head unit,” buka Riki Hermanto dari Musical Autosound.

Perangkat yang disematkan hanya berupa speaker 3 way, subwoofer, power amplifier 2 unit, dan processor. Maka hatchback CBU Thailand itu pun bisa langsung mejeng di kontes audio kelas menengah, rentang Rp 30-50 juta.

Terbukti, garapannya sukses menggondol 3 piala sekaligus, mulai dari 2nd Runner Up Ultimate Sound Competition kelas 30 Juta, Runner Up HIN Ancol kelas 3 Way 7 Channel, dan 2nd Runner Up HIN Ancol Final kelas 3 Way 7 Channel.

Lantas bagaimana sentuhan para installer Musical Autosound tersebut?

Mulai dari penanaman speaker 3 way di pillar A. Tweeter dan midrange diatur sedemikian rupa, terutama karena Yaris memiliki desain dasbor unik. Agar hasil suara tinggi dan tengah dapat tertangkap dengan baik.

“Di workshop tim mengatur sudutnya dan midbass dimaksimalkan dengan peredam di pintu. Selain pintu, peredam juga melekat hampir ke seluruh bodi,” ujar Riki.

Sementara subwoofer 10 inci berspesifikasi double voice coil, mengambil ruang bagasi. Termasuk ‘pengangkat’ semua corong suara pun oleh power amplifier 4 channel sebanyak 2 unit.

Pemutar utama, Riki lebih mempercayakan pada perangkat after market (jenis single din) sehingga head unit bawaan Yaris langsung digusur. Agar hasil keluaran suaranya juga mumpuni, Riki menambahkan processor dengan kelengkapan paket potensio pengaturan suara.

Tidak sekedar bagaimana mengatur hasil suara menjadi maksimal di semua rentang, Musical Autosound juga memerhatikan tampilannya. Bungkusan ciamik juga menjadi pendorong instalasi sistem audio Yaris tersebut semakin yahud. [dp/Res]

Spesifikasi :

Vox Altitude AT6.3V4 Speaker, Vox Altitude AL10.2P Subwoofer, Vox Altitude AL4080 Power Amplifiers (2pcs), Vox VXP8 Evolution Processor, Vox Altitude 16 AWG Speaker Cable, Vox Research RCA Cable, Diofona Aluminium Sound-damper, Clarion HX-D2 Head Unit.

 

© 2017 Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com All Rights Reserved.
KOMENTAR