Perbaikan Jembatan Cisomang Dikebut 3 Bulan

Perbaikan Jembatan Cisomang Dikebut 3 Bulan
PURWAKARTA (DP) – Jasa Marga terus melakukan perbaikan Jembatan Cisomang Jalan Tol Purbaleunyi Km 100+700, Sabtu (31/12). Pekerjaan perbaikan dimaksud dijadwalkan selesai dalam waktu 3 bulan ke depan.
Pekerjaan perbaikan dan perkuatan Jembatan Cisomang yg sedang dilaksanakan seperti pekerjaan grouting terus berlangsung di pilar P1 dan P2.
Grouting dilakukan dengan mengisi celah retakan pada struktur pilar menggunakan material khusus untuk mencegah retakan semakin lebar dan melindungi tulangan pilar dari korosi.
Pekerjaan perkuatan pilar dilanjutkan dengan wrapping menggunakan material Fiber Reinforced Polymer (FRP), sudah terpasang di pilar P0 dan saat ini sedang dipersiapkan pemasangan FRP di pilar P1 dan P2.
Selain itu, Jasa Marga juga sedang menyiapkan pekerjaan strutting yaitu memasang rangka baja yang menghubungkan dasar pilar P2 dan P3, serta pekerjaan rekayasa sungai Cisomang yg mengalir di antara pilar P2 dan P3 untuk mencegah aliran air sungai meresap ke bawah pondasi jembatan.
Untuk pekerjaan pemasangan bored pile, Jasa Marga saat ini sedang menyiapkan jalan kerja. Dalam beberapa hari ke depan alat bor dan material pondasi bored pile akan dimobilisasi ke lokasi pekerjaan.
Simultan dengan pekerjaan perbaikan di atas, Jasa Marga terus melakukan  monitoring pergerakan tanah dan pilar, serta melakukan  pengukuran secara periodik untuk memantau bila terdapat perubahan elevasi setiap hari. [dp/Res]
© 2017 Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com All Rights Reserved.
KOMENTAR