Sistem Sensor Parkir Toyota Kurangi Risiko Kecelakaan Parkir

TOKYO (DP) – Risiko kecelakaan saat memarkir kendaraan, sekarang telah menurun cukup signifikan menurut survey Toyota, yang salah satunya berkat pemakaian sistem Intelligent Clearance Sonar (ICS) pada sensor parkir.

Hasil survey menjadi bekal Toyota untuk menurunkan angka kecelakaan akibat salah injak pedal saat parkir sampai 70 persen, diikuti insiden saat memundurkan mobil dengan target berkurang 40 persen.

Toyota telah melakukan survey selama 18 bulan, sejak Januari 2015 sampai Juli 2016 di Jepang, dengan mempertimbangkan sekitar 2.500 kecelakaan dari perusahaan asuransi yang mencakup kebijakan pada sekitar 63.000 model Vellfire, Alphard, dan Prius.

Dalam dua kejadian di atas, setidaknya 26.000 model Toyota dengan ICS telah berhasil mencegah terjadinya insiden terkait salah pedal, maupun tidak memerhatikan objek sekitar saat mundur.

ICS sendiri bekerja menggunakan gelombang sonar yang mendeteksi objek penghalang, ketika mobil tiba-tiba melaju karena kesalahan pengemudi menginjak pedal yang sering terjadi. Alphard, Vellfire, dan Prius produksi 2015 telah dibekali sensor yang telah ditingkatkan jarak deteksinya.

Efek aplikasi ICS membantu mengurangi risiko kerusakan dari insiden saat parkir, juga membantu menghindari tabrakan dengan objek di dekat kendaraan, dan meringankan dampak ketika saat berada di area parkir. [dp/Whr]

© 2017 Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com All Rights Reserved.
KOMENTAR