Jalan Sepi, ke Bandung dari Jakarta Bisa Lewat Jalur Tikus Ini

Jalan Sepi, ke Bandung dari Jakarta Bisa Lewat Jalur Tikus Ini

JAKARTA (DP) — Anda yang terpaksa harus ke Bandung dari Jakarta mungkin akan stres mendengar kabar rencana ditutupnya sebagian ruas jalur tol Purbaleunyi akibat kerusakan konstruksi jembatan Cisomang.

Sebenarnya tidak perlu khawatir. Masih banyak jalur umum menuju Bandung yang bisa dilalui dari Jakarta. Salah satunya, jalur Puncak, Bogor. Tapi, seperti biasa, jalur Puncak adalah mimpi buruk. Di jalur ini kerap terjadi kemacetan mengular. Bahkan sering kali berjam-jam tanpa bergerak.

Namun tahukah Anda bahwa ada jalur alternatif “baru” Jakarta-Bandung yang bisa dilalui kendaraan roda dua dan empat tanpa harus stres macet?

Dengan jalur ini Anda yang membawa mobil dari Jakarta tidak perlu melalui pintu tol Ciawi, lalu mengambil arah jalan Raya Ciawi-Cianjur. Umumnya, di setiap akhir pekan dan liburan kemacetan di Puncak sudah dimulai dari situ.

Nah, kenapa bingung? Cobalah rute baru ini. Rute ini bisa ditembus dari jalan di dekat Sirkuit Sentul. Dari jalur itu Anda bisa mencapai Taman Bunga Nusantara di Cipanas, atau terus hingga berujung jalan Raya Cianjur-Bandung, selepas pasar Cianjur yang kerap macet.

Artinya, Anda tidak akan melewati Cisarua, Cibodas, dan Cianjur seperti bila mengambil jalur Puncak.  Walau jaraknya lebih panjang, namun nuansa perjalanan di sepanjang jalur “tikus” ini masih begitu asri dan 75 persen jalan dalam kondisi baik.

jalan-tikus-jkt-bandung_02a

Rute Jakarta-Bandung via Cianjur Non-Puncak

Dua pekan lalu (11 Desember 2016) Dapurpacu.com telah mencoba jalur “tikus” untuk menghindari jalur Puncak dari Bandung yang sangat padat. Karena itu, kami berani menyarankan Anda melalui jalan tersebut. Nanti pun akan kami sebutkan kendaraan seperti apa yang sangat aman melalui jalur baru ini.

Begini rutenya. Kita hanya butuh berkendara dari Jakarta hingga pintu tol Sirkuit Sentul. Kemudian carilah jalan Anyar yang ada di tengah Jalan Raya Sirkuit Sentul. Dari pintu tol Sentul jalan masuk menuju jalan Anyar hanya 2,5 Km. Sementara bila Aanda keluar dari Gerbang Tol Citereup maka hanya perlu mencari Jalan Raya Tajur.

Nah, bila Anda sudah menemukan jalan Anyar atau Raya Tajur, target selanjutnya adalah mencari jalan yang akan membawa ke tempat wisata alam Curug Cipamingkis. Jaraknya rata-rata hanya sekitar 35 Km dari jalan Raya Sentul.

Ingat, di rute ini Anda akan berhadapan dengan percabangan jalan. Tapi tak perlu gelisah. Anda hanya perlu mengikuti alur jalan aspal utama. Atau, bila Anda bingung, tanyakan ke penduduk sempat jalan menuju Curug Cipamingkis atau Hutan Pinus.

Semua jenis kendaraan, bahkan sedan, aman melalui rute dari jalan Raya Sentul hingga Curug Cipamingis.

Dari Curug Cipamingkis Anda masih perlu melanjutkan perjalanan untuk mencapai Taman Bunga Nusantara di Cipanas. Di sini suasana adventure akan terasa kental. Sesungguhnya semua mobil bisa melaluinya. Hanya saja, untuk mobil sedan perlu sedikit sabar menghadapi sekitar 2 Km lintasan yang merupakan batu yang dipadatkan. Orang bilang itu jalan kampung.

Jalur dari Curug Cipamingkis hingga Taman Bunga Nusantara adalah rute lereng pegunungan. Anda harus hati-hati menghadapi tanjakan terjal dan tikungan-tikungan sempit. Kecepatan rata-rata yang ideal mungkin antara 30-50 Km/jam.

Praktis tidak ada persimpangan jalan di jalur sepanjang 21 Km tersebut. Jadi, Anda hanya perlu mengikuti satu-satunya jalan yang ada hingga bertemu jalan Hanjawar atau juga disebut Jalan Raya Kota Bunga.

jalan-tikus-jkt-bandung_05

Jalur Taman Bunga ke Cianjur via Pelosok

Anda ingin melanjutkan perjalanan menuju Bandung? Pilihan ada dua: Melalui jalan umum Ciawi-Cianjur atau jalan Mariwati dengan melintasi perkebunan kelapa sawit. Jalan Mariwati sudah bagus. Terdapat konstruksi jalan baru yang belum banyak orang Jakarta tahu. Karena itu, jalur ini praktis sangat sepi.

Panjang jalan Mariwati dari Taman Bunga Nusantara sejauh 20 Km. Lagi-lagi Anda hanya perlu mengikuti satu-satunya jalur yang ada hingga mencapai persimpangan ruas jalan Merdeka Galih-Cinangis (biasa disebut jalur Jonggol).

Di ujung jalan Mariwati, ambil arah kanan. Dari situ, dalam jarak beberapa ratus meter terdapat persimpangan. Nah, ambilah jalur jalan Cinangis-Cibogo dan Cibogo-Ciranjang. Dalam 14 Km ke depan setelah ujung jalan Mariwati Anda akan bertemu dengan jalan Raya Cianjur-Bandung (jalan Raya Ciranjang).

Dari situ, Anda yang biasa mencapai Bandung via Puncak pasti hafal. Ya, perjalanan Anda menuju Bandung hanya menyisakan daerah Cipatat dan Padalarang.

jalan-tikus-jkt-bandung_08

90 Km Jalur Sentul-Ciranjang

Jalur tikus dari Sentul hingga jalan Raya Ciranjang praktis lebih panjang, yaitu mencapai sekitar 90 Km. Sementara dari Sentul menuju jalan Raya Ciranjang melalui jalan Raya Puncak-Cisarua hanya sekitar 70 Km. Adapun untuk mencapai titik jalan Raya Ciranjang via Alternatif Cibubur-Cileungsi-Jonggol berjarak sekitar 85 Km.

Bila Anda menyukai perjalanan menantang, jalur Sentul-Curug Cipamingkis-Taman Bunga-jalan Mariwati, bisa menjadi pilihan tepat. Saran kami agar perjalanan Anda nyaman, lakukanlah di saat terang. Ada baiknya Anda membawa mobil dengan ground clearance tinggi, seperti SUV atau MPV.

Lebih dari 75 persen jalur tersebut merupakan area perkebunan, persawahan, hutan, dan sisanya pemukiman penduduk. Anda hanya bisa menemukan penjual bensin eceran resmi (Pertamini) dihampir separuh perjalanan. Karenanya, pastikan tangki bbm terisi cukup untuk perjalanan sejauh 100 Km.

Selamat mencoba! [dp/GRG]

Di bawah ini adalah link bila Anda membutuhkan peta jalur Sentul-Ciranjang menggunakan Google Map:

PETA JALUR TIKUS JAKARTA-BANDUNG

© 2017 Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com All Rights Reserved.
KOMENTAR

  1. poho
    27 December 2016

    asal jangan ketemu orang hajatan/acara agustusan ajah :D hahaha

  2. Indra Aja
    24 December 2016

    Sepertinya saat ini jalur cipatat purwakarta banyak antrian truk/ bus karena pegalihan lalu lintas tol cipularang gol 2 dst