Jembatan Tol Purbaleunyi “Geser” Jasa Marga Batasi Kendaraan

Jembatan Tol Purbaleunyi “Geser” Jasa Marga Batasi Kendaraan

JAKARTA (DP) – Jembatan Cisomang pada Jalan Tol Purwakarta-Bandung-Cileunyi (Purbaleunyi) di KM 100+700 menjadi salah satu yang dilakukan monitoring secara reguler terhadap struktur bangunannya. 

Hasil evaluasi yang dilakukan oleh PT Jasa Marga dilaporkan kepada Komisi Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ), dan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), pada Kamis (22/12), diperoleh hasil telah terjadi pergeseran (deformasi) pada pilar kedua (P2) yang sudah melebihi batas isyarat, namun demikian vibrasi jembatan tersebut masih dalam ambang batas aman.

Berdasarkan kondisi tersebut, KKJTJ telah melaporkan kepada Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), bahwa perlu dilakukan evaluasi menyeluruh terhadap keamanan jembatan.

Dilandasi itu, Menteri PUPR menyetujui saran KKJTJ untuk membatasi beban lalu lintas yang diizikan melalui Jembatan Cisomang (Tol Purbaleunyi).

Sebagai tindak lanjut, Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR meminta kepada BPJT dan Jasa Marga untuk segera menetapkan pembatasan lalu lintas di Jembatan Cisomang, hanya untuk kendaraan golongan I.

Selain itu, Jasa Marga diminta menyiapkan petugas di jembatan tersebut apabila kondisi jembatan tidak aman, petugas tersebut segera menghentikan lalu lintas melalui jembatan. Pemberlakuan pembatasan kendaraan ini berlangsung terhitung mulai 23 Desember pukul 00.00 WIB. [dp]

© 2017 Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com All Rights Reserved.
KOMENTAR