Alternatif Sistem Pembatas Jalan Roller untuk Indonesia

Alternatif Sistem Pembatas Jalan Roller untuk Indonesia

SEOUL (DP) – Salah satu kreativitas yang patut diapresiasi dalam hal meningkatkan keselamatan di jalan raya. Yaitu alat pembatas jalan yang mereka sebut Road Roller System.

Karena dibuat berbentuk roller, inovasi yang dikembangkan lagi oleh perusahaan Korea Selatan ITE Co Ltd ini, tentu memiliki kelebihan dengan tingkat fatalitas lebih minim dibandingkan pembatas jalan konvensional.

Di mana, pembatas jalan konvensional berbentuk lempengan baja hanya sekedar berfungsi menahan. Masalahnya yang ditimbulkan, adalah ketika itu ditabrak dengan kecapatan tinggi, akibatnya malah bisa memberikan benturan balik yang menimbulkan kerusakan dan cedera lebih serius.

Sementara langkah pengembangan dari ITE, dengan melengkapi pembatas jalan tidak sekedar lempengan baja saja, tapi diselipkan roller plastik di antaranya, guna memberikan aliran kepada kendaraan yang menabrak pembatas, sehingga energi kejut bisa dikonversi ke energi rotasi.

Road Roller System sendiri sudah diaplikasikan di beberapa negara Eropa maupun Asia, selain Korea juga di China dan Thailand beberapa tahun belakang. Indonesia sebenarnya sangat tepat mengaplikasikan sistem tersebut, terutama daerah bukit atau pegunungan. [dp/Rdo]

© 2017 Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com All Rights Reserved.
KOMENTAR